Pak Jokowi di Mana? Inilah Sosok Bulan Karunia

Bulan Karunia dan Presiden Jokowi di pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (6/10 - 2018) malam. (Twitter)
06 Oktober 2018 23:50 WIB Saeno Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Opening ceremony Asian Para Games 2018 juga menghadirkan suasana haru saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pesta olahraga itu bersama Bulan Karunia Rudianti, bocah penyandang disabilitas. Hal itu menjadi salah satu momen terbaik dalam rangkaian pembukaan.

Sebelumnya, suasana haru sudah muncul setelah sejumlah rangkaian acara, termasuk sambutan Ketua Inapgoc dan Presiden Paralympic serta Presiden Jokowi membuka resmi Asian Para Games 2018.

Pada layar di panggung ditampilkan visualisasi sejumlah pengisi acara. Di antara sejumlah pengisi acara tampil di atas panggung seorang anak perempuan  di atas kursi roda. Video yang menggambarkan cita-cita Bulan tersebut diakhiri dengan kalimat, "Pak Jokowi ada di mana?"

Bocah itu melambai ke arah Presiden Joko Widodo. Presiden pun menyambut lambaian tangan sang bocah dari tribun. Rupanya, bocah tersebut melambai, mengundang Presiden untuk  datang ke panggung.

Dengan ekspresi seperti menahan haru, Presiden mendatangi bocah yang diketahui bernama Bulan Kurnia Rudianti. Presiden berjongkok di samping kursi roda. Setelah berbincang sebentar, Presiden menerima plakat dari Bulan. Saat dibuka, tampak tulisan "ABILITY".

Tulisan itu menjadi simbol untuk memutus pandangan bahwa penyandang disabilitas identik dengan ketidakmampuan (disability). Maka, tulisan "DISABILITY" di panggung kemudian berubah menjadi "ABILITY", semangat yang diusung di Asian Para Games 2018.

Tak hanya itu, Bulan bersama Presiden Jokowi serta salah seorang atlet membentanangkan busur dan melepaskan anak panah ke sasaran. Tak lama di layar tampak visualisasi target seakan menghancurkan "gunung" disability menjadi ability. Keharuan pun berubah tepuk tangan. Bulan Kurnia tampak tersenyum di atas kursi roda.

Siapakah Bulan? Ia dikenal sebagai bocah cerdas, dan kini masih duduk di kelas tinggi sekolah dasar. Bulan pernah memancing haru saat menulis surat kepada Presiden Jokowi. Di saat anak-anak lain berharap mendapat sepeda, Bulan meminta hadiah kursi roda.

Di luar kemunculannya di pembukaan Asian Para Games 2018, Bulan sering muncul di media sosial sebagai anak yang ceria. Keceriaan Bulan misalnya bisa dilihat pada akun Instagram miliknya berikut: