Formula 1 2018: Hamilton Menang Lagi, Gelar Juara Kian Dekat

Lewis Hamilton (Reuters/Toru Hanai)
08 Oktober 2018 13:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, SUZUKALewis Hamilton meraih kemenangan keempat beruntun musim ini seusai menjuarai GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (7/10/2018). Hasil tersebut menempatkan pembalap Mercedes itu satu langkah lebih dekat titel juara dunia 2018. Di sisi lain, Sebastian Vettel kian sulit mengejar perolehan Hamilton di klasemen setelah hanya finis keenam di Suzuka.

Setelah blunder pemilihan ban di sesi kualifikasi, Ferrari belum lepas dari nasib apes setelah Vettel bertabrakan dengan Max Verstappen di awal lomba. Saat itu Vettel berusaha menyalip Verstappen lewat sisi dalam tikungan. Namun manuver itu harus dibayar mahal karena Vettel justru melintir setelah bersenggolan dengan Verstappen. Pembalap Jerman itu pun harus berjuang dari posisi belakang dan akhirnya mentok finis di posisi keenam.

Insiden tersebut membuat laju Hamilton meraih gelar di Suzuka kian tak tertahankan. Kini Hamilton berada di atas angin dengan keunggulan 67 poin dalam musim yang tinggal menyisakan empat balapan. Jomplangnya peta persaingan ini cukup mengejutkan jika melihat performa Vettel di awal musim. Pembalap Jerman itu sempat memimpin klasemen dengan keunggulan delapan poin di bulan Juli.

Namun sejak itu Hamilton berhasil memenangi enam dari tujuh balapan dan membalikkan keadaan di klasemen. “ Sejak di Singapura mereka mulai keteteran. Saya tidak mengira mereka akan seperti itu,” ujar Hamilton dilansir Motorsport, Minggu.

Persaingan di sisa musim bisa menjadi antiklimaks jika Tim Kuda Jingkrak tak kunjung memperbaiki performa mereka. Apalagi seri terdekat akan dihelat di GP Amerika Serikat. Tahun lalu Hamilton sukses merajai seri tersebut.