Moto GP 2018: Honda Melempem di Philip Island, Yamaha Akhiri Dahaga Juara

Maverick Vinales. (Instagram/maverickvinales25)
28 Oktober 2018 13:00 WIB Ginanjar Saputra Sport Share :

Solopos.com, PHILIP ISLAND — Moto GP 2018 seri ke-17 digelar di Sirkuit Philip Island, Australia, Minggu (28/10/2018) siang WIB. Balapan tersebut dimenangi pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales.

Vinales memulai balapan dari posisi kedua di belakang pemegang pole position Marc Marquez. Namun, ia tidak menjalani start dengan bagus dan sempat tercecer di posis 9 pada lap pertama. 

Marc Marquez juga sempat melorot ke belakang setelah disalip sejumlah pembalap lain di awal balapan. Posisi pertama diambil alih  Pembalap Pramac Ducati Danilo Petrucci namun ia melebar dan masuk gravel trap. Miller yang start dari posisi keenam pun mengambil alih pimpinan lomba.

Pada lap kedua, Marc Marquez mampu kembali ke posisi pertama. Sementara itu, Valentino Rossi yang memulai balapan Moto GP Philip Island dari posisi ketujuh berhasil merangkak naik di posisi kelima di belakang Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, dan Jack Miller.

Marquez kembali melorot di posisi ketiga saat memasuki lap kelima. Marquez disalip Andrea Divizioso dan Jack Miller. Pembalap asal Spanyol tersebut langsung turun di posisi ke-20 setelah tersenggol motor Johann Zarco yang terjatuh di putaran keenam. Zarco tak bisa melanjutkan balapan dan Marquez menyusul kembali ke garasi di lap berikutnya.

Di posisi depan, persaingan ketat terjadi antara Andrea Dovizioso, Jack Miller, Andrea Iannone, Maverick Vinnales, dan Valentino Rossi. Kelima pempalap tersebut mampu membuat penonton tak berkedip dengan saling menyalip untuk menguasai posisi terdepan.

Saat balapan menyisakan 20 putaran, Maverick Vinales merebut posisi pertama. Di depan, Vinales mengasapi rekan setimnya, Valentino Rossi, yang berada di posisi kedua. 

Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, yang start dari posisi ke-18 juga tak bisa melajutkan balapan saat memasuki lap ke-11. Pedrosa terjatuh karena kehilangan kontrol pada motonya. Di depan, Alvaro Bautista, membuat kejutan dengan melesat menuju posisi keempat, mendahului Andrea Dovizioso.

Saat balapan menyisakan 12 lap lagi, posisi Valentino Rossi yang sebelumnya di urutan kedua melorot ke urutan keempat. Valentino Rossi didahului Alvaro Bautista dan dan Andrea Dovizioso. Rossi kembali harus rela turun satu posisi setelah disalip pembalap Suzuki, Andrea Iannone, di putaran ke-16.

Maverick Vinales semakin melesat jauh dari pembalap di belakangnya. Jarak Vinales di posisi pertama dengan Andrea Dovizioso di posisi kedua mencapai empat detik saat balapan menyisakan enam putaran.

Memasuki putaran ke-22, Andrea Iannone, mampu merebut posisi kedua yang sebelumnya dikuasai Andrea Dovizioso. Meski begitu, perlawanan sengit masih diberikan Andrea Dovizioso.

Menjelang akhir balapan, Andrea Iannone berusaha keras mengejar Maverick Vinales di posisi paling depan. Bahkan ia berhasil memangkas jarak dengan Maverick Vinales dari sekitar empat detik menjadi sekitar 2,7 detik hanya dalam dua lap.

Namun Maverick Vinales tak terkejar hingga balapan berakhir. Keberhasilan Maverick Vinales menjuarai seri ke-17 di Sirkuit Philip Island, Australia, sekaligus mengakhiri paceklik juara Yamaha. Yamaha kali terakhir menang di GP Assen 2017. Saat itu, Valentino Rossi menjadi juaranya.

Mavercik Vinales yang finis di posisi pertama mengasapi Andrea Iannone di posisi kedua dan Andrea Dovizioso di posisi ketiga. Sedangkan Valentino Rossi finis di posisi keenam di belakang Alvaro Bautista di posisi keempat dan Alex Rins di posisi kelima.