Kena Penalti, Marquez Batal Start Pertama di Moto GP Malaysia 2018

Marc Marquez (Reuters/Jon Nazca)
03 November 2018 19:34 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopos.com, SEPANG - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, terkena penalti akibat pelanggaran yang dilakukannya dalam kualifikasi Moto GP Malaysia 2018. Akibatnya, Marquez batal start pertama dalam balapan, Minggu (4/11/2018) besok.

Pada sesi kualifikasi di Sirkuit Sepang, Sabtu (3/11/2018), Marquez mencatatkan waktu tercepat. Dia mencatatkan waktu 2 menit 12,161 detik. Dia mengungguli Johann Zarco yang mencatatkan waktu 2 menit 12,709 detik. Sedangkan posisi tiga ditempati Valentino Rossi dengan 2 menit 13,009 detik.

Namun, Marquez harus memupus harapannya untuk start pertama di GP Malaysia. Pembalap asal Spanyol itu dijatuhi hukuman penalti atas pelanggaran yang dibuat. Dia dinilai melakukan tindakan yang membahayakan pembalap lain, dalam hal ini terhadap Andrea Iannone di Tikungan 9 pada kualifikasi.

Ia terbukti melambatkan motornya di tikungan tersebut dan mengacaukan konsentrasi Iannone yang berusaha melaju kencang untuk meraih waktu tercepat. Dikutip dari Motogp.com, Federasi Motor Internasional (FIM) lantas menjatuhi hukuman penalti 6 grid untuk Marquez.

Pembalap yang sudah memastikan gelar juara dunia Moto GP 2018 itu pun harus memulai balapan dari posisi ketujuh. Dengan demikian, Johann Zarco yang sebelumnya berada di posisi start kedua, naik di posisi terdepan. Begitu pula dengan Valentino Rossi yang naik satu tingkat ke posisi start kedua.