Selamat! Solo Sukses Cetak Hattrick Juara Umum Peparprov Jateng

Peparprov Jawa Tengah (Solopos/Sunaryo Haryo bayu)
16 November 2018 21:25 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Tuan rumah Solo sukses mencetak hattrick juara umum di ajang Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng yang diselenggarakan Rabu-Jumat (14-16/11/2018). Solo meraih total 81 medali dengan rincian 39 medali emas, 26 medali perak dan 16 medali perunggu.

Kontingen Solo unggul tipis atas Cilacap yang meraih peringkat kedua dengan raihan 38 medali emas, 13 medali perak dan 11 medali perunggu. Meski mampu mencetak hattrick juara umum di Peparprov Jateng III 2018, kebangkitan Cilacap patut diwaspadai Kota Solo. Tidak menutup kemungkinan, Cilacap mampu mematahkan dominasi Kota Solo di peparprov edisi berikutnya.

Penampilan kontingen Cilacap terbilang luar biasa di Peparprov III 2018 ini. Pada hari pertama, Rabu, Cilacap mampu memimpin perolehan medali dengan raihan 21 medali emas. Sementara Solo menyusul di posisi kedua dengan raihan 13 medali emas. Kondisi itu sempat membuat kontingen Solo merasa pesimis bisa mempertahankan status juara umum.

“Harus diakui, perolehan medali di hari pertama membuat kami pesimis karena kontingen Cilacap merajalela. Kami baru bangkit di hari kedua [Kamis] untuk memberikan perlawanan kuat kepada Cilacap," jelas Wakil Ketua National Paralympic Committee (NPC) Cabang Solo, Suwarno, kepada Solopos.com, Jumat.

Suwarno menjelaskan Kontingen Solo mampu bangkit melalui cabor tenis meja yang meraih juara umum dengan raihan 12 medali emas. Cabor renang ikut menyumbang 8 medali emas meski gagal meraih juara umum yang diambil alih Cilacap. Cabor atletik ikut berperan dalam kebangkitan Jateng di hari kedua dan ketiga. Total cabor atletik menyumbang 10 medali emas. 

“Cabor panahan dan boling tampil mengejutkan. Meski tidak termasuk cabor yang kami unggulkan, panahan dan boling masing-masing menyumbang tiga medali emas. Panahan dan boling ini menutup kelemahan kami yang sudah kehilangan potensi 10 medali emas karena sejumlah nomor lomba sudah tidak dipertandingkan di peparprov kali ini,” jelas Suwarno.