Pesilat Putra Jadi Tumpuan UNS Solo di Kejurnas Silat

Ilustrasi silat (Solopos/Whisnupaksa)
28 November 2018 20:25 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Memasuki babak delapan besar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Antar-Perguruan Tinggi (Perti) VII di Sritex Arena, Rabu (28/11/2018), kekuatan sejumlah kontingen masih merata.

Hingga Rabu sore, tiga pesilat putra Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melenggang ke babak semifinal seusai mengalahkan lawan-lawannya di babak perempatfinal. Di kelas B Putra, pesilat tuan rumah, M. Taufiqurrohman Ma'arif, mengalahkan M. Rafift dari Universitas Brawijaya.

Di kelas D Putra, pesilat UNS, Detya Adhi Darma, mengeleminasi Bagas M. Hasbi dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Di kelas E Putra, wakil UNS, Wisnu Bayu Murti, mengalahkan wakil Universitas Negeri Semarang (Unnes), Tegar Syifa Sanubari.

“Kebetulan yang melenggang ke babak semifinal ini berasal dari kontingen UNS A yang menjadi atlet unggulan kami di kejuaraan kali ini,” ujar pelatih silat UNS, Sayid Fariz, saat ditemui Solopos.com di lokasi.

Jumlah pesilat UNS yang melaju ke babak semifinal itu masih bisa bertambah. Pasalnya, masih ada sejumlah pesilat UNS yang bertanding di babak delapan besar pada Rabu malam. Mereka berasal dari kelas A Putra, C Putra, F Putra, H Putra dan I Putra.

Sementara tim putri UNS belum bisa berbicara banyak di kejuaraan bergengsi antarperguruan tinggi ini. Setelah Nadya Haq Umami yang tersingkir di babak 16 besar pada Selasa (27/11/2018), giliran Alfiah Mukaromah yang tersingkir di babak delapan besar, Rabu. Alfiah menyerah dari pesilat Universitas Majalengka, Fitri Ayu Lestari.

“Hingga babak delapan besar ini, kekuatan tim masih merata. Sudah mulai terlihat pesilat yang punya skill bagus. Tapi, kami masih optimis bisa mengirimkan banyak wakil di babak semifinal," jelas Sayid Fariz.