Rossi Belum Puas dengan Performa Motor Baru Yamaha

Valentino Rossi (Reuters/Heino Kalis)
29 November 2018 17:55 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopos.com, JEREZ - Valentino Rossi belum puas sepenuhnya dengan performa yang ditunjukkan motor baru Yamaha, YZR-M1 2019. Menurutnya, Yamaha harus bekerja keras untuk memperbaiki kekurangannya sebelum Moto GP 2019 berlangsung.

Pernyataan Rossi itu diungkapkan seusai tes pramusim hari pertama di Sirkuit Jerez, Spanyol, Rabu (28/11/2018). Dari 50 lap yang dijalani Rossi, catatan waktu terbaiknya hanyalah 1 menit 39,564 detik. Rossi pun terdampar di urutan ke-17, atau 1,596 detik lebih lambat dari pembalap Ducati, Danilo Petrucci, yang memimpin hari pertama tes pramusim.

"Masalahnya bagi saya adalah kami tidak membuat langkah maju. Ketika saya kendarai, lebih kurang masalahnya tetap sama," kata Rossi, seperti dikutip dari Motorsport, Kamis (29/11/2018).

"Secara umum, saya merasa jauh berada di belakang karena saya memiliki masalah dengan ban baru. Akibatnya, saya tidak bisa membuat catatan waktu yang bagus. Jika menilik pada kecepatan, yang mana itu sangat penting, bagi saya kami kurang kencang."

Yamaha sendiri mengajukan dua mesin untuk para pembalapnya yang akan digunakan pada Moto GP 2019 mendatang. Namun menurut Rossi masih belum ada perkembangan yang signifikan dari mesin tersebut.

"Para pembalap papan atas lebih kencang daripada kami. Masalahnya bukan memilih mana yang tepat [diantara kedua mesin tersebut]. Masalahnya adalah satu atau yang lainnya tidak berkembang seperti yang kami butuhkan. Itu menurut saya," imbuh Rossi.