Kejurnas Silat: 8 Atlet UNS Solo Tembus Final

Ilustrasi silat (Solopos/Whisnupaksa)
30 November 2018 00:25 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Delapan atlet silat dari Universitas Sebelas Maret (UNS) melaju ke babak final kategori tanding di hari keempat Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Antar-Perguruan Tinggi (Perti) VII di Sritex Arena, Kamis (29/11). Tujuh dari delapan pesilat itu berasal dari Kontingen UNS A, sementara satu pesilat berasal dari Kontingen UNS B.

Tujuh pesilat UNS A yang melenggang ke babak final adalah Muhammad Raiz Alfarizi (A Putra), Wisnu Bayu Murti (E Putra), Ahmad Zein (H Putra), Tri Suyanto (I Putra), Detya Adhi Darma (D Putra), M. Taufiqurrohman Ma'arif (B Putra) dan Kana Tania Wijaya (F Putri). Sementara Krisnanda Ramadan (F Putra) menjadi satu-satunya wakil dari UNS B yang menembus babak final. Babak final kategori tanding baru dipertandingkan Jumat (30/11/2018).

“Di kejurnas sebelumnya, kami [UNS A] mampu mengirimkan delapan atlet ke babak final. Semuanya mampu memborong emas. Jadi, tahun ini ada penurunan jumlah atlet yang melaju ke final," kata Pelatih Silat UNS, Sayid Fariz, saat ditemui Solopos.com di lokasi.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi penantang serius UNS dalam perebutan juara umum. UNJ mengirimkan enam wakil di babak final. Meski begitu, Sayid optimistis tim UNS A mampu mempertahankan gelar Juara Umum di Kejurnas Pencak Silat Antar-Perti ini.

“Peluang kami mempertahankan Juara Umum masih terbuka lebar. Tapi, kami tidak boleh lengah karena tim lain juga tidak mau kalah. Kami tim pelatih juga harus bisa atur strategi karena lawan kami di final sangat bagus,” papar Sayid Fariz.

Sementara itu, hingga Kamis malam masih berlangsung babak final kategori seni gerak atau jurus. Terdapat empat wakil dari UNS yang melaju ke babak final kategori seni yakni tunggal putra, tunggal putri serta ganda putra dan ganda putri.