UNS Solo Sukses Cetak Hattrick Juara Umum di Kejurnas Silat

Ilustrasi silat (Solopos/Whisnupaksa)
01 Desember 2018 00:25 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, SOLO — Kontingen Universitas Sebelas Maret (UNS) sukses mencetak hattrick Juara Umum di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Antar-Perguruan Tinggi (Perti) VII 2018. Dalam partai final yang berlangsung di Sritex Arena, Jumat (30/11/2018), Kontingen UNS memborong tujuh medali emas, dua medali perak dan tiga medali perunggu.

Empat dari tujuh medali emas yang diraih Kontingen UNS dipersembahkan pesilat yang turun di kategori tanding. Mereka adalah Detya Adhi Darma (D Putra), Ahmad Zein (H Putra), Tri Yunanto (I Putra) dan Kana Tania Wijaya (F Putri). Sementara tiga medali emas disumbangkan pesilat yang turun di kategori seni gerak atau jurus. 

Mereka adalah Bahrul Ulum Muhammad/Wahyu Nian Tri Firmansyah (Ganda Putra), Bella Serlyana Ayu/Lintang Rike Hapsari (Ganda Putri) dan Nadia Haq Umam Nur Cahyani (Tunggal Putri). Nadia sukses membayar kesalahannya yang tersingkir di babak 16 besar kategori tanding dengan meraih emas di kategori seni.

“Alhamdulillah, ini sudah sesuai target kami yakni bisa mempertahankan Juara Umum. Sekarang kami berharap di antara tujuh atlet yang meraih emas ini bisa lolos seleknas sebagai pintu gerbang menuju Timnas Indonesia,” papar Pelatih Silat UNS, Sayid Fariz, saat ditemui Solopos.com di lokasi.

Pada tahun lalu, UNS mengirimkan Nadia Haq Umam untuk mengikuti seleknas. Namun, Nadia kalah bersaing dengan atlet lain sehingga gagal masuk timnas. Menurut Fariz, salah satu atlet UNS yang punya potensi untuk bersaing di level seleknas adalah Ahmad Zein. “Kelebihan Zein itu punya postur tinggi. Power-nya mumpuni. Tapi di kejurnas kali ini fisik dia masih kurang. Ini karena persiapan dia mengikuti kejuaraan ini sangat mepet waktunya,” jelas Fariz.

Kontingen UNS hanya unggul tipis atas Kontingen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang berada di peringkat kedua dengan raihan enam medali emas, empat medali perak dan dua medali perunggu. Sementara itu, Kontingen Universitas Negeri Semarang (Unnes) benar-benar menjadi tim kuda hitam di kejurnas kali ini. 

Debut Unnes di Kejurnas Silat Perti kali ini terbilang tidak mengecewakan. Unnes yang diperkuat sejumlah atlet jebolan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jateng sukses meraih Juara Umum III dengan raihan satu medali emas, tiga medali perak dan tiga medali perunggu.