Hamilton & Leclerc Berjaya di Autosport Awards 2018

Lewis Hamilton menjuarai GP Spanyol Formula 1 2018 (Reuters/Juan Medina)
04 Desember 2018 14:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, LONDON — Juara Formula 1 (F1) 2018, Lewis Hamilton, meraih penghargaan sebagai International Racing Driver of The Year dalam acara bergengsi Autosport Awards 2018 yang digelar di Grosvenor House Hotel London, Minggu (2/12/2018) waktu setempat. Hamilton mengalahkan rival-rivalnya di lintasan F1 seperti Sebastian Vettel dan Fernando Alonso saat menyabet penghargaan keenamnya tersebut.

Sebelumnya pembalap Inggris itu pernah meraih penghargaan serupa di Autosport Awards tahun 2007, 2008, 2014, 2015, dan 2017. Tak hanya sebagai pebalap internasional terbaik, Hamilton meraih penghargaan sebagai British Competition Driver of The Year. Dia berhasil mengalahkan pembalap Inggris lainnya seperti juara Super GT Jenson Button, kampiun Formula 2 2018, George Russell, juara DTM Gary Paffett, pemenang balapan DTM Paul di Resta, dan pemenang balapan Formula E, Sam Bird.

Hamilton yang tidak hadir dan diwakili saudaranya, Nicolas, dalam acara penganugerahan mengucapkan terima kasih melalui rekaman video. “Tahun 2018 telah menjadi tahun yang luar biasa, dan saya berharap hal yang sama juga dirasakan oleh kalian semua,” ucap Hamilton seperti dilansir Motorsport, Senin (3/12/2018).

Pada musim 2018, Hamilton meraih gelar kelima setelah memenangi 11 dari 21 seri balapan. Hasil itu menyamai raihan terbaiknya empat tahun silam. Selain itu, catatan lima gelar juara F1 sekaligus membuatnya sejajar dengan pembalap legendaris, Juan Manuel Fangio, dalam jumlah titel.

Sementara itu, Charles Leclerc berhasil mengamankan gelar Richard Mille Rookie of The Year di Autosport Awards 2018. Ini merupakan kali kedua beruntun pembalap yang musim depan membela Ferrari itu meraih Rookie of The Year. Tahun lalu Leclerc dianugerahi penghargaan serupa seusai mendominasi Formula 2 2017. Tahun ini Leclerc terpilih setelah ikut berkontribusi atas kebangkitan Sauber sepanjang musim 2018. Pembalap asal Monako itu meraup poin lebih banyak dibanding rekan setimnya yang lebih berpengalaman, Marcus Ericsson.

Dalam kategori ini, Leclerc mengungguli nominasi lainnya antara lain, rookie IndyCar, Robert Wickens, rivalnya di F1, Pierre Gasly, bintang Formula E, Andre Lotterer, serta pembalap F2 2018, George Russell, dan Lando Norris. “Awalnya saya tidak mengira akan sebagus itu, apalagi mendapat promosi [ke Ferrari]. Sungguh gila dan saya belum benar-benar percaya ini terjadi,” ucap Leclerc yang berkebangsaan Monako.