UNS Solo Siap Gelar Kejuaraan Karate Se-Asia

Ilustrasi silat (Solopos/Whisnupaksa)
08 Desember 2018 16:55 WIB Ivan Andimuhtarom Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Institut Karate-do Indonesia (Inkai) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bakal menggelar kejuaraan karate terbuka tingkat mahasiswa pada 8-10 Maret 2019. Kejuaraan bernama Sebelas Maret Cup tersebut terbuka bagi mahasiswa seluruh dunia.

Pada Sebelas Maret Cup 2017 atau perhelatan ke-10, panitia membuka keikutsertaan mahasiswa dari penjuru Asia Tenggara. Saat itu, terdapat 58 kontingen dari berbagai universitas di Indonesia dan manca yang berpartisipasi. Total peserta yang ikut dalam 17 kelas pertandingan berjumlah 380 karateka.

Tahun depan atau pada Sebelas Maret Cup ke-11, panitia menargetkan mampu menghadirkan 600 peserta dari seluruh belahan dunia. Sebanyak 17 kelas kembali dipertandingkan. Kelas tersebut terbagi menjadi dua kategori besar yaitu kelas seni (kata) dan kelas tanding (kumite). Selain itu, di antara 17 kelas diperlombakan pula kelas Best of The Best Male dan Best of The Best Female sebagai puncak kejuaraan. Kejuaraan itu bakal diselenggarakan di GOR Sritex Arena Solo.

Ketua panitia acara, Rizki Mica Saputra, 21, mengatakan Sebelas Maret Cup adalah kejuaraan karate level mahasiswa yang diselenggarakan dua tahun sekali pada tahun ganjil. Ia mengatakan tidak ada perubahan berarti dalam format pertandingan dengan kejuaraan tahun lalu.

“Ajang ke-11 ini, kami tak membatasi peserta hanya dari Asia Tenggara. Kami mempersilakan seluruh mahasiswa dari seluruh dunia untuk ikut. Tapi, realistisnya, mungkin negara tetangga seperti Jepang dan Tiongkok yang bakal ikut serta,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, Jumat (7/12/2018) sore WIB.

Ia menjelaskan, terdapat regulasi yang melarang pencantuman level olahraga seperti tingkat Asia Tenggara atau internasional. Maka, meskipun nama event tidak mencantumkannya, tetapi panitia membuka diri bagi peserta dari negara manapun.

Peserta dapat mendaftarkan diri melalui website Sebelasmaretcup.uns.ac.id. “Mahasiswa kan biasanya dana terbatas. Tapi kalau dari Eropa mau datang, kami akan senang,” terang mahasiswa Fakultas Teknik UNS Solo tersebut.

Ia menyebut, salah satu bagian paling spesial dari Sebelas Maret Cup adalah kejuaraan itu khusus bagi karateka mahasiswa dan secara kontinu telah berlangsung 10 kali. Panitia sudah membuka pendaftaran sejak Kamis (6/12/2018) dan rencananya ditutup H-7 atau pada 1 Maret 2019.

“Kami menyediakan uang pembinaan dan piala,” terangnya.

Pelaksana humas panitia, Silvia Dewi, 18, mengaku sementara ini baru mempublikaskan kejuaraan karate tersebut melalui Instagram dan website. “Kami berencana mengirim undangan resmi ke universitas-universitas untuk mengirimkan atlet terbaik mereka,” kata dia.