Anthony Ginting Masih Berpeluang Lolos, Ini Syaratnya

Anthony Sinisuka Ginting (badmintonindonesia.org)
13 Desember 2018 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, GUANGZHOU — Anthony Sinisuka Ginting masih menjaga asa lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2018 meski kalah di dua laga awal penyisihan Grup A. Anthony tertolong kemenangan Son Wan Ho (Korea Selatan) atas Chou Tien Chen (Taiwan) dengan skor 18-21, 21-11, 21-14 dalam laga di Guangzhou, Kamis (13/12/2018).

Ini artinya Son dan Chou berada di peringkat dua dan tiga karena sama-sama meraih satu kemenangan dari dua laga awal. Dengan kondisi tersebut, Anthony yang kini masih terpuruk di juru kunci Grup A bisa lolos ke babak selanjutnya asal menang straight set atas Son Wan Ho di laga pamungkas babak penyisihan, Jumat (14/12/2018).

Syarat tambahan yang lain yakni Shi Yuqi (Tiongkok) harus menang straight set atas Chou Tien Chen. Shi Yuqi sendiri sudah tidak berkepentingan di laga terakhir karena sudah lolos dengan modal dua kemenangan di dua laga awal.

Publik Indonesia memang sempat patah arang setelah Anthony kembali kalah di laga kedua turnamen. Pemain asal Cimahi itu dibekuk Shi Yuqi dengan kemenangan mudah 8-21, 19-21. Satu-satunya hal yang mampu menyelamatkan Anthony di turnamen adalah kemenangan Son atas Chou.

Maklum Chou bakal meraih dua kemenangan dari dua laga awal jika mampu membekuk Son. Itu artinya kemenangan Anthony atas Son di laga pamungkas babak penyisihan, Jumat (14/12/2018) bakal sia-sia. Beruntung Son mampu mengalahkan Chou meski sempat keok di game pertama.

Anthony sendiri sudah diprediksi bakal kesulitan di Grup A menyusul rekor buruk atas lawan-lawannya. Son Wan Ho, lawan yang bakal dihadapi Anthony di babak pamungkas juga bukan rival enteng. Juara Korea Masters 2018 itu mampu membekuk Anthony di dua pertemuan terakhir yakni di Denmark Open 2018 dan Thomas Cup 2018.

Anthony tentu wajib mengeluarkan kemampuan terbaik untuk memelihara peluang lolos ke babak empat besar. Saat takluk dari Shi Yuqi, Anthony mengaku gagal mengeluarkan kemampuan terbaik. “Saya tidak puas dengan permainan hari ini,” sesal Anthony seperti dilansir Antara, Kamis.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga mengusung misi hampir mustahil untuk lolos ke empat besar setelah kandas di dua laga awal. Terakhir Greysia/Apriyani dikalahkan Chen Qingchen/Jia Yifan (Tiongkok) dengan skor 14-21, 8-21 sehingga membuat mereka terdampar di posisi terakhir Grup A.

Pasangan andalan Merah Putih itu masih berpeluang lolos ke semifinal asal mampu menang straight set melawan Du Yue/Li Yinhui (Tiongkok). Mereka juga harus berharap bantuan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang) menang dua game langsung atas Chen/Jia. Jika skenario itu terjadi, jumlah poin Greysia/Polii dengan Du/Li dan Chen/Jia akan menjadi penentuan karena jumlah kemenangan dan game yang mereka menangkan sama.