SOLOPOS.COM - ilustrasi color run

Solopos.com, SOLO —  Sebanyak 1.387 orang siap mengikuti lomba lari IKA UNS Color Run 2023, pada Sabtu (4/3/2023) pagi, dengan start dan finish di Danau Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Selain memeriahkan Dies Natalis ke-47 UNS, acara yang digagas Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) ini bertujuan untuk mendukung program Pemerintah Kota Solo dalam mengembangkan sport tourism.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

IKA UNS Color Run 2023 menjadi magnet kuat bagi masyarakat luas, khususnya para alumni dari berbagai penjuru daerah di Indonesia, untuk memenuhi hasrat “pulang kampung” dan meramaikan kembali Kota Solo.

Mengusung semangat pluralism dan kebhinekaan yang menjadi salah satu spirit Kampus UNS, IKA UNS Color Run 2023 juga mengajak masyarakat Soloraya dan sekitarnya untuk menjadi bagian dari acara seru ini sekaligus turut mengampanyekan kebhinekaan Indonesia.

“IKA UNS mengajak seluruh alumni untuk berperan lebih besar dalam memperkuat dan merekatkan ke-Indonesiaan. Pesan kuat UNS dalam menjaga kebhinekaan Indonesia itu bisa tersampaikan dengan cara yang asyik dan menyenangkan dalam kegiatan lari massal yang bertajuk IKA UNS Color Run 2023 ini. Data terakhir, ada 1.387 peserta yang siap berpartisipasi di acara ini,” ujar Ketua Panitia, Chamdan Purwoko, Jumat (24/2/2023).

Menurut Chamdan, aneka warna cerah yang identik dalam event ini tak hanya indah, namun juga memiliki makna filosofi tersendiri. Bahwa hidup ini memiliki banyak perbedaan, namun indah ketika disatukan. Mengingatkan ke semua orang untuk tetap menghargai perbedaan, baik yang menyangkut suku, ras, maupun agama.

Peserta IKA UNS Color Run 2023 nanti akan menempuh rute pilihan sesuai jarak tempuh 3 km, 5 km, atau 11 km. Untuk rute 3 km hanya mengitari area kampus UNS Kentingan mulai dari Danau UNS – Jl. Perpustakaan – Perempatan Stadion UNS – Pintu Belakang UNS – Gapura Kapal ISI – Jl. Mega – Koramil 0735/04/ Jebres – Pintu Depan UNS – finish di Danau UNS.

Rute 5 km start dari Danau UNS – SPBU UNS – Gedung 3 Fakultas Teknik – Fakultas FISIP – Fakultas Hukum – Samping Masjid Raya Nurul Huda – Pintu Belakang UNS – Jl. Ki Hajar Dewantara – Tugu Cembengan – Jl. Ir. Sutami – Pintu Depan UNS – finish di Danau UNS.

Sementara untuk rute 11 km start dari Danau UNS – SPBU UNS – Gedung 3 Fakultas Teknik – Fakultas FISIP – Fakultas Hukum – Samping Masjid Raya Nurul Huda – Pintu Belakang UNS – Jl. Ji Hajar Dewantara – Jl. Tentara Pelajar – Perempatan UTP (jembatan merah) – FKPM Bintang Timur RW 22 – Jl. Letjen Sutoyo – Lampu APIL Pasar Ngemplak – Pengkolan Patung Ganesa – Jl. Tentara Pelajar – Perempatan UTP (Kreteg Abang) – Jl. Walanda Maramis – Jl. A. Yani – Jl. Kolonel Sutarto – Lampu APIL Cembengan – Jl. Ir. Sutami – Pintu Depan UNS – finish di Danau UNS.

Hadiah Juara 1 untuk tiap rute diberikan sesuai dengan jarak tempuh yang tersedia yakni 3K, 5K, dan 11K berupa uang Rp11 juta, 5 juta dan 3 juta. Dari ketiga rute tersebut juga terbagi dalam kelas putra dan putri sehingga secara keseluruhan terdapat 6 kelas.

“Semua peserta IKA UNS Color Run 2023 juga berkesempatan memenangkan doorprize 1 unit Yamaha NMAX, 2 unit UWINFLY, 5 unit sepeda MTB, 4 unit iPhone 14, 5 unit jam tangan G-Shock, dan 30 logam mulia masing-masing seberat 1 gram, dengan total hadiah dan doorprize mencapai Rp270 jutaan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya