SOLOPOS.COM - Sebanyak 1.790 pelajar dari wilayah Soloraya antusias mengikuti Pertamina Junior Challenge, sebuah kompetisi atletik yang menjadi bagian dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (18/1/2024) (IST)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 1.790 pelajar dari Soloraya antusias mengikuti Pertamina Junior Challenge, sebuah kompetisi atletik yang menjadi bagian dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship di Stadion Sriwedari, Solo.

Acara ini digelar pada Kamis (18/1/2024) hingga Sabtu(20/1/2024), mempertandingkan berbagai kategori seperti Kids’ Athletics, Middle Distance 800m, Relays 5x80m, Relays 8x50m, Sprint 60m, dan Sprint 80m.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Pengurus Provinsi (Pengprov) PASI Jawa Tengah sebagai penyelenggara menyampaikan kegembiraannya atas partisipasi tinggi dengan total 1.790 pelajar dalam Pertamina Junior Challenge.

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (18/2/2024), Sekretaris Umum Pengprov PASI Jawa Tengah, Herma Hayu, menyatakan acara ini memberikan kontribusi positif terhadap program pembinaan.

Ia berharap kompetisi ini dapat menjadi pilihan utama bagi sekolah dalam membimbing siswa mengembangkan minat dan bakat atletik.

“Event seperti ini justru membantu program pembinaan kami. Di Pengprov PASI, kami memiliki kegiatan pembinaan usia dini, dan SAC memberikan peluang untuk menggelar kompetisi dengan skala masif,” ungkapnya.

Pertamina Junior Challenge dianggap sebagai wadah untuk menjaga semangat olahraga di kalangan pelajar Kota Solo.

Herma menekankan mengikuti kompetisi atletik tidak harus selalu bermaksud untuk menjadi atlet profesional.

“Dari total 1.790 peserta, mereka bisa mendapatkan pengalaman baru, berkenalan dengan orang baru dan tentu saja, bersenang-senang,” tambahnya.

Sebagai perwakilan Pengprov PASI Jawa Tengah, Herma Hayu menyatakan kebanggaannya karena Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah, kota bersejarah dalam dunia olahraga atletik.

Keputusan ini memberikan pengalaman baru bagi peserta yang biasanya hanya mengikuti final di Jakarta.

Pertamina Junior Challenge diselenggarakan oleh Pertamina, Energen Champion, PB PASI, dan DBL Indonesia, merupakan salah satu supporting event dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. 

Direktur DBL Indonesia, Masany Audrey, menyatakan kebanggaannya atas dukungan Pertamina sebagai pendukung utama kompetisi ini.

Audrey berharap kemitraan ini dapat mendorong pengembangan atletik bersama PASI.

Kompetisi ini berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada 18-20 Januari 2024, dengan mencakup kategori seperti Kids’ Athletics, Sprint 60 m, Sprint 80m, Relays 5 x 80 m, Relays 8 x 50 m, dan Middle Distance 800m.

Energen Champion SAC Indonesia, hasil kerja sama antara PB PASI dan DBL Indonesia, pada musim lalu berhasil melibatkan lebih dari 31.000 pelajar dari 2.000 sekolah di sembilan regional qualifiers.

Di musim 2023, partisipasi meningkat menjadi 29.000 peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers.

Harapannya, SAC Indonesia terus berperan dalam mempopulerkan olahraga atletik di kalangan pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya