SOLOPOS.COM - Pemain bola Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum melawan Timnas Austalia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). (Antara)

Solopos.com, SOLO — Mencetak sejarah dengan meloloskan Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar Piala Asia Qatar 2023 tidak otomatis membuat Shin Tae-yong (STY) mendapat perpanjangan kontrak dari PSSI.

Ketum PSSI Erick Thohir menyatakan kontrak Shin Tae-yong akan dilihat setelah Piala Asia U-23 usai digelar pada Mei 2024 mendatang.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih. Saya percaya tim U-23 bisa masuk, 8 besar,” ujar Erick Thohir seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI, Senin (29/1/2024).

Meski punya skuad yang menjanjikan, Shin Tae-yong punya kendala dengan Timnas U-23. Pasalnya ia tidak leluasa memilih pemain untuk skuad karena tidak masuk agenda FIFA.

Artinya, klub-klub Eropa punya alasan untuk tidak melepas pemain mereka ke Timnas Indonesia.

Setidaknya, ada 11 pemain di Timnas senior yang bakal menjadi pilar di Timnas U-23.

Mereka adalah Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers), Elkan Baggott (Ipswich Town), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Pratama Arhan (Suwon FC), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Witan Sulaeman (Bhayangkara FC), Ivar Jenner (Jong Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), Ramadhan Sananta (Persis Solo), Arkhan Fikri (Arema FC) dan Hokky Caraka (PSS Sleman).

Beberapa pemain Eropa yang sedang menjalani proses naturalisasi juga masih berusia di bawah 23 tahun, yakni Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen)

Kondisi itu membuat target PSSI tak mudah bagi Shin Tae-yong. Timnas Indonesia U-23 tergabung di grup neraka bersama tuan rumah Qatar, Yordania dan Australia.

Garuda Muda bakal meladeni tuan rumah Qatar U-23 pada 15 April 2024 pukul 22.30 WIB, melawan Australia U-23 tanggal 18 April pukul 20.00 WIB, dan terakhir menghadapi Yordania U-23 tanggal 21 April pukul 22.30 WIB.

Timnas U-23 harus bisa finis minimal di urusan kedua untuk bisa lolos ke perempatfinal.

Karena itu, Shin Tae-yong berharap PSSI bisa menegosiasi klub-klub di Eropa agar melepas melakukan Justin Hubner dkk. untuk bisa bermain di Piala Asia U-23.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya