SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)–Panitia penyelenggara ASEAN Para Games (APG) VI mengalokasikan dana senilai 12 miliar guna menyemarakkan rangkaian acara pembukaan dan penutupan even yang dikhususkan penyandang difabel di Solo pertengahan Desember mendatang. Di samping itu, panitia di bawah Asean ParaGames Organizing Committee (INASPOC) menginginkan atlet Indonesia berjaya di kandang sendiri, minimal mampu menggondol 150 keping emas dari total 463 medali emas yang diperebutkan.

Demikian dijelaskan Ketua INASPOC, James Tangkudung saat ditemui wartawan di Hotel Agas, Solo, Kamis (1/12/2011). Berbagai persiapan, terutama tahap finishing proyek renovasi terus dikebut agar tidak mengganggu jalannya APG VI nanti. Memasuki bulan Desember, Panpel masih menyisakan tahap penyelesaian akhir di wisma atlet Donohudan, Boyolali dan beberapa venue di Kota Solo.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Untuk persiapan APG sudah siap semuanya, tinggal merampungkan tahap akhir. Beberapa hari lagi selesai semuanya. Khusus di wisma atlet Donohudan, kami harus menunggu juga kepulangan jamaah haji Indonesia,” katanya.

James menjelaskan besarnya dana yang dikucurkan dalam gelaran olahraga terakbar bagi penyandang cacat se-Asia Tenggara tersebut diakui tidak sebesar dana SEA Games. Dirinya tetap berkomitmen menyukseskan pagaleran tersebut dari awal hingga selesai rangkaian kejuaraan.

“Kalau dana SEA Games mencapai triliunan rupiah. Sedangkan, APG berkisar Rp 100 miliar. Rp 12 miliar di antaranya kami alokasikan untuk acara pembukaan dan penutupan. Di mana, nanti akan dikemas dengan balutan budaya <I>ala<I> Solo. Prinsipnya, tri sukses harus dijalankan (sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan UMKM),” katanya.

Sampai saat sekarang, sudah terdapat 1.000-an atlet dari sejumlah negara yang memberikan kepastian mengikuti ajang APG VI.  Nantinya, terdapat 11 Cabor yang dipertandingkan, di antaranya atletik, catur, tenis kursi roda, bulu tangkis, tenis meja, panahan dan lain sebagainya. Berbagai persiapan akomodasi yang mencakup hotel dan Sarpras juga sudah disiapkan Panpel.

(pso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya