SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Striker Bradford City, James Hanson (kiri), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Aston Villa pada semifinal leg kedua Piala Liga Inggris di Brimingham, Rabu (23/1/2013) dini hari WIB. Gol Hanson membawa Bradford melaju ke final dengan unggul agregat atas Vila 4-2. JIBI/SOLOPOS/Reuters

BIRMINGHAM –Bradford City akhirnya memastikan tiket ke final Piala Liga Inggris atau Capital One Cup. Kendati pada semifinal leg kedua, Bradford harus menelan kekelahan 1-2 atas Aston Villa di Villa Park Stadium, Rabu (23/1/2013) dini hari WIB.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Namun hasil itu sudah cukup membawa Bradford lolos ke final kali pertamanya. Pasalnya, pada semifinal leg pertama di Coral Windows Stadium, 9 Januari 2012 lalu, Bradford sudah mengantongi keunggulan dengan skor 3-1. Dengan hasil ini, Bradford lebih unggul dengan agregat 4-3.

Pada semifinal leg kedua, Villa sebenarnya bermain cukup militan. Skuat besutan Paul Lambert itu menghidupkan asanya setelah memimpin lebih dulu di babak pertama melalui gol Christian Benteke di menit ke-24. Benteke mencetak gol setelah memanfaatkan umpan Joseph Bennet dari sisi kiri pertahanan Bradford. Meski terkawal, Benteke mampu menjebol gawang Bradford yang dijaga kiper M Duke dengan sentuhan first time.

Namun di babak kedua, Bradford yang semula bermain hati-hati mulai berani keluar. The Bantams, julukan Bradford, pun mulai berani melakukan serangan meski hanya mengandalkan bola mati maupun serangan balik.

Upaya Bradford menuai hasil. Sepak pojok Gary Jones mampu dimanfaatkan James Hanson dengan heading tajam untuk menjebol gawang Shay Given di menit ke-55.

Mampu membalas ketertinggalan Bradford mencoba bermain aman. Mereka merapatkan pertahanannya dari kepungan Villa.

Namun, pertahanan rapat Bradford akhirnya kebobolan juga. Penyerang Villa, Andreas Weimann membuat Villa unggul di menit ke-88.

Di masa injury time, Villa yang menurunkan lima penyerangan terus berusaha mengejar selisih agregat. Mereka seakan tak memberi kesempatan tim kasta Divisi II Liga Inggris itu untuk bernafas.

Sayang, upaya Villa sia-sia. Hingga peluit panjang dibunyikan Philip Dowd, Villa gagal menambah gol untuk menyamakan agregat dan memaksa laga diselesaikan melalui ekstra time.

Di partai final yang akan digelar di Stadion Wembley, London, nanti, Bradford akan menghadapi pemenang antara Swansea City dan Chelsea. Untuk sementara, Swansea lebih berpeluang menyusul Bradford setelah di semifinal leg pertama unggul 2-0 atas Chelsea.

Susunan pemain:

Aston Villa: S Given; R Vlaar, J Bennett (Weimann 70’), M Lowton, C Clark, S Ireland, C N’Zogbia, B  Bannan (Bent 62’), F Delph, G Agbonlahor, C Benteke

Bradford City: M Duke; S Darby, R McArdle, C McHugh, C Good, N Doyle, W Atkinson, G Jones, Z Hines (Thompson 71’), J Hanson, N Wells (Turgott 87’)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya