SOLOPOS.COM - Kiper Lazio Ivan Provedel mencetak gol saat melawan Atletico Madrid di Liga Champions 2023/2024, Rabu (20/9/2023) dini hari. Kedua tim bermain imbang 1-1. (Instagram/official_sslazio).

Solopos.com, SOLO–Video kiper Lazio Ivan Provedel saat mencetak gol ke gawang Atletico Madrid dalam laga Liga Champions 2023/2024 viral, berikut ini deretan kiper yang mencetak gol di Liga Champions.

Aksi Ivan Provedel mencetak gol untuk Lazio pada menit-akhir pertandingan menjadi topik pembicaraan di media sosial. Terang saja, golnya itu menyelamatkan muka Lazio dari kekalahan.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Saat itu, Lazio menjamu Atletico Madrid di Stadion Olimpico pada matchday 1 Grup E Liga Champions 2023/2024, Rabu (20/9/2023) dini hari. Atletico memimpin lebih dulu lewat gol dari gelandang mudanya, Pablo Barrios, pada menit ke-29. Menjelang pertandingan bubar, kiper Ivan Provel yang ikut membantu serangan dari bola mati mencetak gol melalui sundulan. Golnya pun menyelamatkan Lazio dari kekalahan.

Sejatinya, Ivan Provedel bukan kiper pertama yang menciptakan gol di Liga Champions. Berikut ini deretan kiper pencetak gol di Liga Champions yang dihimpun Solopos.com dari sejumlah sumber, Rabu (20/9/2023).

Kiper mencetak gol memang jarang terjadi mengingat posisinya sebagai penjaga gawang sehingga tak memungkinkan membantu serangan secara intens. Namun, kiper tetap berpeluang mencetak gol yang kebanyakan dari titik penalti atau dari skema bola mati (seperti sepak pojok).

Beberapa peristiwa seperti itu terjadi di laga penting level Liga Champions. Sejauh ini, ada empat kiper yang melahirkan gol di Liga Champions. Ivan Provedel merupakan kiper keempat dalam daftar penjaga gawang mencetak gol di Liga Champions.

1. Hans Jorg Butt

Hans Jorg Butt adalah kiper pertama yang mampu mencetak gol di Liga Champions. Kiper berkebangsaan Jerman ini tak hanya mampu mencetak satu gol, tetapi dia tercatat pernah mencetak tiga gol.

Tiga gol itu disarangkannya saat memperkuat tiga tim berbeda. Uniknya, gol-gol itu diciptakan hanya ke gawang Juventus.

Butt kali pertama melakukannya saat bersama Hamburg di matchday pertama Grup E Liga Champions 2000/2001. Saat itu berkat gol penalti dari Butt, Hamburg sanggup menahan Juventus 4-4.

Satu musim berselang, Butt kembali mencetak gol ke gawang Juventus lagi. Kala itu dia memperkuat Bayer Leverkusen.

Bertemu Juventus di matchday kelima atau fase grup II Liga Champions 2001/2002, penalti Butt membuka keunggulan Leverkusen. Pada akhirnya Leverkusen menang 3-1 dan finis sebagai runner up Liga Champions musim tersebut.

Gol ketiga Butt diciptakan saat memperkuat Bayern Munchen. Dia membobol gawang Juventus di matchday keenam Grup A Liga Champions 2009/2010. Saat itu penalti Butt pada menit 30 membuat skor sama kuat 1-1. Sebelumnya, Juventus unggul lebih dulu lewat David Trezeguet.

2. Sinan Bolat

Kiper pencetak gol di Liga Champions selanjutnya adalah Sinan Bolat. Dia melakukan itu pada 2009 ketika ia membela Standard Liege dengan cara sundulan. Saa itu dia menjebol gawang Az Alkmaar yang membuat skor akhir 1-1 pada Liga Champions musim 2009/2010 .

3. Vincent Enyeama

Kiper pencetak gol di Liga Champions berikutnya yakni Vincent Engeama. Pada satu itu, Enyeama mencetak gol lewat titik penalti saat memperkuat Hapoel Tel Aviv melawan Olympique Lyon pada 2010 silam.  Sayangnya, Enyeama gagal menjauhkan Hapoel Tel Aviv dari kekalahan di fase grup Liga Champions 2010/2011.

4. Ivan Provedel

Kiper pencetak gol di Liga Champions teranyar tentu saja Ivan Provedel. Seperti diulas sebelumnya, kiper Lazio itu menciptakam gol ke gawang Atletico Madrid lewat sundulan dan menyelamatkan timnya dari kekalahan di Liga Champions 2023/2024.

Itulah deretan kiper pencetak gol di Liga Champions yang perlu diketahui pencinta sepak bola.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya