SOLOPOS.COM - Dua pemain Timnas Indonesia Ramadhan Sananta dan Asnawi Mangkualam berlatih di lapangan samping Hotel Titanic Deluxe Golf Belek, Antalya, Turki, Kamis (21/12/2023). (PSSI)

Solopos.com, DOHA — Dari 26 pemain Timnas Indonesia yang didaftarkan ke Piala Asia Qatar 2023 ada empat pemain yang sama sekali tidak mendapatkan menit bermain hingga fase Grup D berakhir.

Satu dari empat pemain tersebut adalah striker masa depan Indonesia, Ramadhan Sananta.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Belum diketahui secara pasti penyebab tidak dimainkannya striker Persis Solo tersebut meskipun asisten pelatih Nova Arianto sempat menyebut Sananta belum dimainkan karena kurang bugar.

Selain Ramadhan Sananta, Shayne Pattynama juga tidak mendapat menit bermain sedetik pun.

Saat laga melawan Vietnam pada Jumat (19/1/2024), Pattynama sempat melakukan pemanasan di pertengahan babak kedua.

Tapi ternyata ia tidak jadi diturunkan.

Pattynama diperkirakan bakal tampil saat Indonesia menjamu tim terkuat Asia, Jepang di laga terakhir, Rabu (24/1/2024).

Tapi ternyata pemain klub Norwegia, Viking FC itu tidak juga dimainkan. Pattynama diduga tidak dimainkan karena alasan strategi.

Pasalnya di posisi bek kiri yang biasa ditempati Pattynama, Pratama Arhan tampil bagus dalam tiga pertandingan Piala Asia.

Sementara dua pemain lain yang sama sekali belum pernah tampil adalah bek kiri PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo dan bek Persib Bandung, Edo Febriansyah.

Sama dengan Pattynama, posisi bek kiri yang berpotensi untuk Wahyu dan Edo menjadi milik Pratama Arhan yang tak tergantikan dalam tiga laga fase grup.

Kontribusi paling nyata Arhan adalah menjadi awal terjadinya gol Sandy Walsh ke gawang Jepang.

Bermula dari lemparan jarah jauh Arhan, bola jatuh ke kaki Walsh yang langsung disontek ke gawang kiper Jepang asal Ghana, Dion Suzuki.

Gol ini bersejarah karena menjadi yang pertama bagi Sandy Walsh untuk Merah Putih. Gol ini juga menjadi yang pertama ke gawang Jepang sejak 1981.

Setelah menang 2-0 dalam laga persahabatan versus Jepang bulan Februari 1981, Indonesia belum pernah bisa membobol Samurai Biru hingga gol Sandy Walsh kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya