SOLOPOS.COM - Logo Liga Inggris

Solopos.com, SOLO–Football Association (FA) mengumumkan peraturan baru yang akan diterapkan di Liga Inggris (Premier League) 2023/2024.

Kompetisi Liga Inggris musim ini akan bergulir pada akhir pekan ini mulai Sabtu-Selasa (12-15/8/2023).

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Menyambut musim baru, FA memberikan beberapa perubahan pada Liga Inggris 2023/2024. Ada lima peraturan baru yang bakal diterapkan pada musim ini.

Dalam aturan baru ini wasit lebih mendapat perlindungan dan kuasa yang diperbesar. Pelatih dan kiper menjadi sorotan khusus dalam perubahan aturan ini.

Sanksi yang tegas juga disiapkan FA untuk individu atau tim yang melakukan pelanggaran. FA juga mengadopsi sistem tambahan waktu atau injury time yang sebelumnya dipakai di Piala Dunia 2022 Qatar.

Berikut 5 aturan baru Liga Inggris 2023/2024:

1. Standar Kontak Fisik Ditingkatkan

Ambang batas terkait kontak antarpemain kini lebih ditingkatkan. Dengan begitu, diharapkan jumlah tendangan bebas atau free kick yang diberikan wasit akan lebih sedikit pada musim depan.

Pemain bertahan terakhir yang melakukan pelanggaran di dekat kotak penalti juga tak langsung mendapat kartu merah jika wasit menilai tak ada kesengajaan untuk mencederai lawan.

Aturan ini memberikan wasit kewenangan yang besar untuk menentukan setiap kontak fisik yang akan atau tidak akan menjadi pelanggaran.

2. Peringatan untuk Protes Pemain

Musim lalu banyak ditemukan kejadian wasit yang dikerubungi pemain setelah meniup peluit. Hal ini akan diminimalisasi dengan aturan baru tersebut.

Pemain yang berlari ke arah wasit untuk melakukan protes keras akan mendapat kartu kuning. Selain itu, jika ada lebih dari satu pemain yang memprotes dan mengerubungi wasit, sang pengadil berhak memberi kartu kuning untuk pemain yang tidak berkepentingan.

3. Tambahan Waktu Lebih Lama

Aturan ini sudah dipakai di Piala Dunia 2022. Dalam turnamen empat tahunan itu banyak pertandingan yang mendapat injury time hingga lebih dari 10 menit.

Peraturan baru ini juga akan diterapkan di Premier League musim depan. Wasit akan memberikan tambahan waktu yang lebih lama berdasarkan insiden yang terjadi di lapangan, seperti selebrasi gol, pemain cedera, atau pemain yang mengulur waktu.

Dengan adanya aturan ini diharapkan pertandingan Liga Inggris lebih bisa dinikmati dalam waktu 90 menit bersih tanpa terganggu insiden.

4. Hanya Pelatih di Area Teknis

FA juga mengatur peran pelatih di area teknis yang terletak di depan bench pemain cadangan. Awalnya, pelatih kerap didampingi asisten di area teknis untuk memberikan instruksi kepada pemain.

Namun hal itu kini telah diatur. Hanya pelatih yang boleh berdiri di area teknis, sementara asisten duduk di bench. Diskusi pelatih dan asisten bisa dilakukan di bench pemain cadangan.

Selain itu, setiap tim juga hanya boleh mengutus satu orang untuk melakukan protes ke wasit keempat di samping area teknis.

5. Kiper Harus Lebih “Sopan”

Aturan ini tercipta karena momen ikonik kiper Argentina, Emiliano Martinez di Piala Dunia 2022 kala mengganggu algojo penalti lawan.

Di Premier League musim depan kiper tak lagi boleh mengganggu penendang penalti secara tidak adil. Gangguan yang dilarang antara lain menunda tendangan penalti; menyentuh tiang gawang, mistar, atau jaring; dan memperlihatkan gestur atau ucapan yang diarahkan kepada penendang penalti.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “5 Aturan Baru Liga Inggris 2023-2024: Kiper Harus Lebih “Sopan””

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya