SOLOPOS.COM - Cristiano Ronaldo (Twitter/@selecaoportugal)

Solopos.com, SOLO–Rekor-rekor dalam sepak bola dunia telah tertoreh, berikut deretan rekor yang terukir.

Sejak sepak bola zaman dahulu, rekor demi rekor tercipta. Tak jarang rekor yang telah terukir dipecahkan pesepakbola lainnya.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Rekor atau catatan statistik dalam hal positif menjadi pemicu semangat si pemagang rekor untuk menjaga rekor tersebut tak dipecahkan pesepakbola lainnya. Cara satu-satunya dengan menambah catatan statistik rekor yang diciptakan tersebut.

Rekor juga menjadi motivasi bagi pesepakbola lain untuk memecahkannya. Mereka berusaha keras mencatatkan statistik untuk melampaui rekor yang telah tercipta.

Berikut deretan rekor dalam sepak bola dunia yang telah terukir yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Senin (24/7/2023):

1. Gol terbanyak sepanjang massa

Berdasar laporan TalkSPORT, hingga Maret 2023 rekor ini masih dipegang megabintang Cristiano Ronaldo yang saat ini memperkuat klub Liga Arab Saudi, Al Nassr.

Hingga bulan itu, Ronaldo tercatat mencetak 830 gol dalam 1.156 pertandingan yang dijalani sejak 2001. Pesepakbola yang mulai moncer ketika bersama raksasa Premier League Manchester United itu melalui kariernya selama lebih dari 20 tahun dengan manis.

Ronaldo sukses bertransformasi dari seorang winger di Manchester United menjadi monster pencetak gol saat berseragam Real Madrid. Kemudian dia hijrah ke Juventus dan sempat kembali ke Manchester United. Pada akhirnya Ronaldo berlabuh di Al Nassr

Catatan gol Ronaldo sebelumnya disebut melampaui rekor gol terbanyak yang ditorehkan legenda sepak bola Brasil, Pele. Pada sebuah laporan, Pele disebut mencetak 757 gol pada pertandingan resmi. Catatan itu dilampaui Ronaldo saat masih bersama Juventus.

Namun, mendiang Pele pernah mengklaim mencetak gol sebanyak 1.283 selama kariernya pada 1957-1977. Pada akhirnya Pele mengucapkan selamat kepada Ronaldo yang telah memecahkan rekornya.

2. Kartu merah terbanyak dalam karir seorang pemain

Bola mania pasti mengenal pemain yang identik dengan permainan keras. Mereka seperti Pepe , Sergio Ramos, dan Diego Costa. Sehingga, tak sedikit yang berpikir merekalah pemegang rekor pesepakbola yang mendapatkan kartu merah terbanyak.

Namun, ternyata bukan salah satu dari mereka pemegang rekor tersebut. Adalah Gerardo Bedoya yang menciptakan rekor itu. Dia tercatat mendapatkan 46 kali kartu merah oleh wasit sepanjang karier sepakbolanya.

Pemain Kolombia itu bermain 49 kali untuk tim nasionalnya antara 2001-2009 dan pernah bermain untuk Boca Juniors dan Atletico Nacional.

3. Kemenangan terbesar dalam satu pertandingan

Dalam catatan The Guinness Book of World Records, kemenangan klub Madagaskar AS Adema atas Stade Olymique l’Emyrne pada 31 Oktober 2002 merupakan kemenangan terbesar dalam sejarah sepak bola.

Betapa tidak, AS Adema menang dengan 149-0, wow. Merujuk pada informasi di Guardian, skor 149-0 itu memecahkan rekor sebelumnya di sebuah laga sepak bola level senior yakni ketika Arbroath melumat Bon Accord di Skotlandia dengan skor 36-0 pada 1885.

Guardian, dalam artikelnya medio November 2002 mengisahkan pada laga tersebut para pemain Stade Olymique l’Emyrne dengan sengaja menjebol gawangnya sendiri sebanyak 149 kali untuk memprotes keputusan wasit.

Guardian juga menyatakan para pemain AS Adema hanya bisa berdiam diri kebingungan di atas lapangan pada saat para penggawa Stade Olymique l’Emyrne mencetak ke-149 gol bunuh diri.

4. Gol terbanyak yang dicetak oleh seorang kiper

Rekor ini rasanya sulit dipecahkan penjaga gawang manapun pada masa sekarang. Kiper dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola dipegang Rogerio Ceni. Penjaga gawang asal Brasil itu mencetak 131 gol selama bersama Sao Paulo pada 1990-2015.

Sebanyak 61 gol di antaranya lahir dari direct free-kick atau tendangan bebas langsung. Jumlah gol tendangan bebas langsung Ceni lebih banyak dari kiper mana pun di dunia. Dia juga jadi algojo tendangan penalti selalu menjalankan tugas dengan baik.

5. Hattrick tercepat

Ini salah satu rekor yang tidak akan mudah dipecahkan oleh penyerang sekaliber Kylian Mbappe. Dikutip dari sportsbrief.com penyerang Rawson Spring, Alex Torr, berhasil membuat hattrick atau mencetak tiga gol dalam satu pertandingan hanya dalam 70 detik.

Rekor yang secara resmi diakui Guinness itu dia ciptakan saat timnya melawan Winn Gardensi di Liga Amatir Inggris pada 28 April 2013 lalu. Ketika itu Rawson menang telak dengan skor 7-1.

Torr adalah satu-satunya pemain Inggris yang mencetak hattrick tercepat dalam sejarah sepak bola.

6. Penonton terbanyak untuk satu pertandingan

Dikutip dari footballgroundmap.com, penonton pertandingan sepak bola terbanyak dalam sejarah hadir saat Piala Dunia 1950 Brasil.

Rekor itu tercipta pada pertandingan tuan rumah Brasil vs Uruguay di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Saat itu jumlah penonton mencapai 199.854 orang.



Laman tersebut menginformasikan ketika itu tuan rumah hanya butuh hasil imbang untuk menang. Pada waktu itu, pemenang tidak ditentukan melalui turnamen gugur seperti masa sekarang.

Empat tim teratas saling bermain dalam sebuah liga mini dengan tim teratas dinobatkan sebagai juara.

Brasil masuk ke pertandingan dengan selisih satu poin di depan Uruguay. Meskipun berhasil unggul satu gol lebih dulu, Uruguay berhasil membalikkan keadaan di babak kedua yang kemudian mencetak gol kemenangan pada 11 menit tersisa.

Tingginya kepercayaan Brasil untuk meraih kemenangan membuat mereka sangat yakin bakal juara. Sebuah surat kabar pagi setempat mencetak gambar tim Brasil dengan keterangan “juara dunia”.

Menurut legenda, sang kapten tim Uruguay membeli sebanyak mungkin kopi surat kabar tersebut dan menyusunnya di lantai ruang ganti agar timnya dapat buang air kecil di atasnya sebelum pertandingan dimulai.

Setelah kekalahan Brasil, banyak yang menyerukan agar mereka mengubah seragam mereka dari putih (pada waktu itu) menjadi seragam kuning yang terkenal sekarang dengan celana pendek biru.

Beberapa catatan sampingan tentang Piala Dunia 1950. Tiga pertandingan lain yang melibatkan Brasil selalu ditonton lebih dari 100.000 orang. Pertandingan yang dilakoni Brasil itu digelar Stadion Maracana.

  • Brasil 2-0 Yugoslavia, 142.429 penonton.
  • Brasil 7-1 Swedia, 138.886 penonton.
  • Brasil 6-1 Spanyol, 152.722 penonton.

7. Gol terjauh yang pernah dicetak

Kiper klub Premier League, Stoke City, Asmir Begovic resmi menjadi pencetak gol terjauh dalam sepak bola setelah golnya ke gawang Southampton dari jarak sejauh 91,9 meter masuk ke dalam Buku Guinness World Records 2015.

Demikian deretan rekor yang tercipta dalam sepak bola dunia yang dirangkum Solopos.com.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya