SOLOPOS.COM - Sejumlah pemain akan mengikuti seleksi Timnas U-17 di Stadion Teladan Medan, Sabtu (29/7/2023). (Antara/Juraidi)

Solopos.com, MEDAN – Sebanyak 70 peserta seleksi Timnas U-17 Indonesia yang dinyatakan lolos berkas administrasi ternyata tak hadir. Proses seleksi tersebut digelar di Stadion Teladan Medan, Sabtu (29/7/2023).

Praktis seleksi hanya diikuti 220 pemain dari sebelumnya yang dinyatakan lulus seleksi berkas administrasi pendaftaran mencapai 300 orang.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

“Ada sekitar 220 pemain yang ikut seleksi. Proses seleksi berjalan dengan baik dan cuaca juga cukup mendukung. Pembukaan seleksi tadi juga dilakukan langsung oleh Exco PSSI Arya Sinulingga,” kata Manajer Sada Sumut Yosephine Sembiring dikutip dari Antara.

Ia mengucapkan terima kasih kepada PSSI yang memberikan kesempatan kepada Tim Sada Sumut untuk menyelenggarakan proses seleksi tersebut.

Sebelumnya, terdata yang mendaftar seleksi mencapai lebih dari 1.000 orang dan setelah dilakukan seleksi berkas pendaftaran yang dilakukan secara daring, terseleksi 300 nama. Namun, sayangnya yang mendaftar ulang untuk mengikuti seleksi yang digelar di Stadion Teladan Medan hanya 220 orang.

“Dari beberapa kriteria, terseleksi 300 orang. Tapi Mungkin karena ada halangan atau juga dari luar daerah, yang mendaftar ulang hanya sebanyak 220 orang,” katanya.

Tahapan seleksi, kata dia, Tim Talent Scouting PSSI membagi peserta seleksi dalam beberapa tim yang kemudian bermain selama 20 menit di lapangan.

“Kami belum tahu berapa nanti yang diambil oleh tim scouting. Yang pasti tim sudah punya kriteria untuk melakukan seleksi. Bukan hanya kemampuan, tapi juga tentunya yang dicari mereka yang punya karakter dan filosofi dalam bermain,” katanya.

Sementara itu, Tim Talent Scouting PSSI Mahruzar Nasution mengatakan ada beberapa kriteria yang menjadi patokan untuk seorang pemain dinyatakan layak atau tidaknya bergabung ke Timnas U-17.

“Seperti disampaikan dari koordinator tim talent scouting, salah satu kriterianya yaitu teknik individu yang bagus, kemudian skill individu yang bagus, taktikal per unitnya dan taktikal timnya yang kita lihat di situ,” ujarnya.

Mahruzar melanjutkan, jika nantinya ada yang lolos dari Medan, para pemain ini akan menjalani seleksi berikutnya di Jakarta.

“Untuk di Medan, seleksi akan berjalan sehari, jika lolos mereka juga akan kita seleksi di Jakarta. Bukan hanya di Medan saja tapi ada 12 kota besar yang kita lakukan seleksi, dan hari ini berjalan di Medan, Surabaya, dan Manado. Ini adalah seleksi terakhir,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya