SOLOPOS.COM - Pembukaan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X/2023 Sumatra Selatan di Palembang, Selasa (1/8/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri).

Solopos.com, PALEMBANG–Sebanyak 711 atlet penyandang disabilitas dari 26 provinsi seluruh Indonesia siap bertanding pada Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X/2023 Sumatra Selatan yang dipusatkan di kawasan Jakabaring Sport City, Kota Palembang, 1-5 Agustus 2023.

“Pada Peparpenas X/2023 ini diikuti sebanyak 795 peserta yang terdiri atas 711 orang atlet dan 84 orang tim ofisial dari masing-masing 26 kontingen provinsi seluruh Indonesia,” kata Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta saat membuka kegiatan olahraga itu di Palembang, Selasa (2/8/2023).

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Ia melanjutkan olahraga yang akan dipertandingkan pada ajang olahraga tersebut, di antaranya cabang para-renang, tenis meja, bulu tangkis, atletik, catur dan cabang olahraga bochia.

Peparpenas telah terselenggara sebanyak sepuluh kali. Sebelumnya Peparpenas bernama Pekan Olahraga Pelajar Cacat Nasional atau Popcanas.

Edisi pertama Popcanas di helat di Jakarta pada 2003. Setelah itu pesta olahraga tersebut berlangsung setiap dua tahun sekali sebelum pada edisi keenam namanya diganti menjadi Peparpenas. Kegiatan sempat terhenti pada 2021 karena pandemi Covid-19.

“Peparpenas edisi terakhir berlangsung di Jakarta pada 2019. Kemudian edisi 2021 tidak dapat diselenggarakan karena adanya pandemi Covid-19. Peparpenas ke-X/2023 Sumsel ini pertama kali diselenggarakan seusai pandemi dan juga pelaksanaan di luar pulau Jawa,” ulas Raden.

Sementara itu, Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Dito Aritedjo mengatakan Peparpenas sebagai ajang mencari potensi atlet muda untuk bersaing pada level internasional.

“Di mana kita ketahui, atlet paralimpik Indonesia unggul terutama pada level Asia, sebab pernah menjadi tiga kali juara umum pada ajang ASEAN Para Games dan juga berhasil membawa 10 medali pada ajang Paralympic Games 2023 Jerman. Maka dari itu Peparpenas ini dapat diharapkan mencari potensi atlet-atlet berbakat yang dapat bersaing di ajang internasional,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya