SOLOPOS.COM - Panitia penyelenggara Mandiri Jogja Marathon 2023 memberikan keterangan kepada awak media. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA – Lomba lari Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2023 bakal kembali digelar di DI Yogyakarta pada 18 Juni 2023 mendatang. Sebanyak 8.000 peserta dari berbagai negara dipastikan akan mengikuti event tahunan ini.

Ajang ini mempertandingkan empat kategori yakni marathon (42.195 km), half marathon (21 km), serta fun run dengan jarak tempuh 10 km dan 5 km. Event yang telah digelar sejak 2017 ini juga menjadi wujud komitmen Bank Mandiri untuk memperkenalkan keunikan dan keberagaman pariwisata di Indonesia.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

VP Corporate Communication Bank Mandiri Ricky Andriano menjelaskan seperti tahun-tahun sebelumnya Bank Mandiri juga bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengangkat kekayaan budaya dan produk lokal. Selain membudayakan gaya hidup sehat, penyelenggara juga punya misi untuk memacu pengembangan pariwisata dan perekonomian di Yogyakarta.

“Mandiri Jogja Marathon 2023 diharapkan dapat menjadi katalis pendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta, serta menggerakan perekonomian secara maksimal,” kata Ricky dalam keterangan yang diterima Solopos.com, Kamis (15/6/2023) malam.

Apalagi, dari 8.000 peserta yang akan berlomba marathon tahun ini sebagian besar merupakan para pelari lintas generasi dari wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar di Indonesia. Termasuk, beberapa pelari beragam negara seperti Kenya, Jepang, Australia, United Kingdom, Belgia, Malaysia, dan negara-negara lainnya.

Ia menambahkan untuk memperkuat keamanan serta kenyamanan peserta, Bank Mandiri juga menggandeng PT AXA Mandiri Financial Services (AMFS) untuk memberikan perlindungan asuransi kecelakaan diri.

“Komitmen dukungan Mandiri Group diberikan sebagai bentuk kepercayaan kami kepada peserta serta seluruh pemangku kepentingan yang terlibat, termasuk Pemerintah Provinsi DIY guna menghasilkan acara olahraga terbaik dan aman,” tambah Ricky.

Pejabat (Pj) Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY mengungkapkan untuk menarik minat wisata pihaknya juga telah melibatkan sejumlah pedagang UMKM lokal untuk ikut serta meramaikan ajang perlombaan maraton ini.

“Kami tidak hanya ingin melibatkan peserta, tetapi juga ingin memperkenalkan kembali kearifan lokal dan budaya Yogyakarta kepada para wisatawan, penonton, dan pihak-pihak lainnya agar ikut serta dalam memeriahkan Mandiri Jogja Marathon tahun ini,” terangnya.

Singgih menambahkan, Pemerintah Provinsi DIY dan Bank Mandiri juga menggandeng kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk sekolah, sanggar komunitas seni, dan UMKM untuk berperan aktif.

“Kami telah bekerja sama dengan puluhan pedagang makanan dan minuman yang turut meramaikan acara ini. Tidak hanya itu, peserta juga dapat merasakan langsung kemudahan bertransaksi melalui layanan perbankan digital Bank Mandiri,” sambung Ricky.

Selaras dengan itu, Race Director iSport Pandu Bagus Buntaran menuturkan sebagai tim penyelenggara pihaknya berkomitmen untuk mendukung acara ini dalam mendorong pengembangan ekowisata di Indonesia. Khususnya Yogyakarta yang telah menjadi destinasi utama pariwisata saat ini.

“Mandiri jogja Marathon dengan kategori Marathon, Half Marathon, dan 10K telah mendapatkan sertifikasi dari Association of International Marathons and Distance Races sebagai bukti keseriusan Bank Mandiri dalam mengembangkan olahraga atletik di Indonesia. Dengan demikian, rute Jogja Marathon diakui oleh World Athletics,” terangnya.

Panggung utama MJM 2023 yang terletak di kawasan Candi Prambanan ini juga akan dimeriahkan oleh ragam seniman dan artis papan atas. Mulai dari penampilan panggung Andrea Lee, RAN, dan juga Shaggydog yang siap menghibur para peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya