SOLOPOS.COM - Pemain timnas 3x3 putra, Avan Seputra (kanan), saat bertanding dalam FIBA 3x3 Asia Cup 2023 di Singapura. (Antara/HO-Perbasi)

Solopos.com, JAKARTA – PP Perbasi memanggil sembilan pemain untuk seleksi Timnas 3×3 Putra yang akan bertanding dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja, dengan pemusatan latihan di Cisarua Bogor.

Tiga nama yang dipanggil merupakan penggawa timnas basket 3×3 putra yang baru saja berkompetisi di ajang FIBA 3×3 Asia Cup 2023 di Singapura, yakni Ikram Fadhil, Agus Salim, dan Avan Seputra.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Kemudian enam nama lainnya merupakan para pemain yang beberapa kali mengikuti seleksi Timnas 3×3. Mereka adalah Kevin Moses Poetiray, Muhamad Reza Guntara, Laurentius Steven Oei, Anthony Erga, Nickson Damara Gosal, dan pemain muda Karl Patrick Gloria.

“Banyak pelajaran yang kita dapatkan dari FIBA 3×3 Asia Cup di Singapura kemarin. Kami ingin pada SEA Games di Kamboja, bisa tampil lebih baik dan mendapatkan hasil maksimal,” kata Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi, dikutip Antara, Rabu (5/4/2023).

Timnas 3×3 Putra baru saja berkompetisi di FIBA 3×3 Asia Cup 2023, namun sayangnya Indonesia harus tersingkir di babak kualifikasi setelah meraih dua menang melawan Tahiti dan Srilanka, dan kalah melawan Taiwan.

Selain memanggil beberapa pemain baru, Perbasi juga menetapkan pelatih dan manajer tim yang baru untuk SEA Games 2023.

Tri Hartanto yang baru saja memimpin Timnas 3×3 Indonesia di FIBA 3×3 Asia Cup Singapura kini menjadi asisten pelatih. Sementara kepala pelatihnya menjadi Fandi Andika Ramadhani yang pernah membawa Stapac Jakarta juara tiga kali IBL.

Posisi manajer tim juga berubah. Alfa Hari Kusumanegara yang pada FIBA 3×3 Asia Cup Singapura menjadi manajer tim, di SEA Games nanti menjabat asisten manajer. Sedangkan posisi manajer tim diserahkan kepada Wijaya Saputra.

Nirmala mengatakan komposisi pemain untuk SEA Games diserahkan sepenuhnya kepada pelatih. Dia memastikan bahwa proses pembentukan Timnas 3×3 Putra untuk SEA Games Kamboja berlangsung lebih ketat dengan dilakukan seleksi sebanyak dua kali.

Sembilan nama pemain yang disebutkan merupakan peserta seleksi tahap pertama dan akan melakukan pemusatan latihan pada 5-19 April 2023. Nantinya, kesembilan pemain tersebut akan diseleksi kembali dan melakukan pemusatan latihan tahap kedua sebelum berangkat ke Kamboja.

“Usai Lebaran, lanjut TC tahap kedua yang berlangsung pada 26 April hingga 3 Mei. Kami berharap dari seleksi dua tahap ini bisa mendapatkan komposisi tim yang solid untuk membawa pulang medali. Syukur-syukur bisa menyamai capaian pada SEA Games 2019 yang mendapat perak atau bahkan melebihi. Itu yang kita harapkan,” ujar Nirmala.

Daftar pemain untuk seleksi Timnas basket 3×3 tahap pertama:

1. Agus Salim (DKI/RANS PIK Basketball)
2. Kevin Moses Poetiray (DKI/Dewa United Banten)
3. Muhamad Reza Gahdani Guntara (Jawa Barat/Prawira Harum Bandung)
4. Avan Seputra (Jawa Timur/Satria Muda)
5. Ikram Fadhil (Jawa Timur/Bima Perkasa Jogjakarta)
6. Laurentius Steven Oei (Jawa Timur/Satria Muda)
7. Karl Patrick Utiarahman Gloria (Sulawesi Utara/RANS PIK Basketball)
8. Anthony Erga (Kep. Bangka Belitung/Satria Muda)
9. Nickson Damara Gosal (Bali/West Bandits Combiphar)

Ofisial Timas Basket 3×3:

1. Ardima Rama Putra (GM)
2. Wijaya Saputra (Manager)
3. Alfa Hari Kusumanegara Paiker (Asisten Manager)
4. Fandi Andika Ramadhani (Pelatih Kepala)
5. Tri Hartanto (Asisten Pelatih)
6. Dwi Presetiyono (strength & conditioning coach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya