SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Istimewa).

Solopos.com, SOLO–Beredar isu mengenai perubahan slot tim yang terdegradasi Liga 1 2023/2024 yang semula tiga tim menjadi satu tim saja.

PSSI langsung membantah isu tersebut. Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan aturan mengenai degradasi di Liga 1 musim ini tidak berubah.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Mantan Presiden Inter Milan itu menegaskan regulasi mengenai kompetensi adalah hal yang tak bisa ditawar karena sesuai dengan keputusan kongres.

“PSSI tegas berpegang pada ketentuan yang berlaku bahwa promosi dan degradasi adalah tiga tim. Tak ada tawar menawar soal itu,” kata Erick dikutip dari laman resmi PSSI, pssi.org, Senin (30/10/2023).

Menurut dia, semangat PSSI selaras dengan prinsip FIFA soal fair play. Sejak awal liga ketentuannya sudah ditetapkan terkait tim yang akan promosi dan degradasi.

Sesuai dengan semangat fair play, ketentuan itu harus dipatuhi oleh seluruh pihak.

“Tidak ada perubahan [aturan] di tengah jalan. PSSI tidak menoleransi dan jelas menolak isu itu karena tidak sesuai dengan semangat fair play,’’ imbuh Erick yang juga Menteri BUMN itu.

Dengan sistem kompetisi yang konsisten, Erick meyakini kompetisi Liga 1 musim ini akan semakin mendorong perkembangan sepak bola nasional.

“Kompetisi yang teratur dan sehat akan melahirkan timnas yang sehat. Selain itu, sistem kompetisi yang berputar secara konsisten juga akan memberi kepastian dari sisi bisnis. Karena itu, kami semua sepakat menjaga sistem kompetisi yang telah disepakati dalam kongres,” ujar Erick.

Dia mengapresiasi seluruh tim maupun suporter yang mendukung terciptanya kompetisi yang konsisten soal regulasi.

“Konsistensi ini penting untuk dijaga. Bukan justru diubah-ubah yang justru akan tidak baik bagi citra dan stabilitas kompetisi itu sendiri,” tukas Erick.

Sebelumnya, beredar isu mengenai adanya rencana pengubahan aturan degradasi Liga 1 musim ini yang semula tiga tim menjadi hanya satu tim.

Informasi yang beredar, jika isu tersebut benar adanya berarti ada agenda tertentu.

Mengenai adanya isu itu turut disampaikan jurnalis salah satu media di Indonesia, Mohammed Ali Mahrus, melalui akun X/Twitter pribadi, @AlionelMessi, belum lama ini.

ISU terbarunya bgini: Liga 1 musim ini akan ada perubahan. Yg DEGRADASI CUMA 1 TIM saja Awalnya 3. Kalau ini bener terjadi, gampang ditebak agendanya apa hehe. Mau dikasih “alibi” Liga 1 musim dpn peserta jd 20 tim krn tim yg PROMOSI dr Liga 2 tetap 3 tim. Kt tunggu kebenarannya,” tulis pengguna akun @AlionelMessi dalam unggahannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya