SOLOPOS.COM - Nathan Tjoe-A-On, pemain Swansea City yang dikabarkan tertarik membela timnas Indonesia (Instagram/nathantjoeaon).

Solopos.com, SOLO–Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengungkapkan ada pemain keturunan bernama Nathan Tjoe-A-On yang tertarik menjadi warga negara Indonesia (WNI) agar bisa membela skuad Garuda.

Nama Nathan Tjoe-A-On disebut saat konferensi pers yang dihadiri pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Selasa (5/9/2023) lalu.

Promosi Meniti Jalan Terakhir menuju Paris

PSSI disebut sedang menjajaki kemungkinan memboyong pemain yang kini membela Swansea City itu untuk memperkuat timnas Indonesia.

Nathan merupakan pemain kelahiran Belanda yang masih memiliki keturunan Indonesia dari kakeknya. Ayah dari ibu Nathan diketahui berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Saat ini, Nathan Tjoe-A-On berstatus sebagai warga negara Belanda. Bak gayung bersambut, pemain 21 tahun itu dikabarkan tertarik membela timnas Indonesia.

Hal itu seperti diungkapkan Shin Tae-yong di depan pewarta. “Pemain tersebut [Nathan Tjoe-A-On] memang tertarik untuk menjalani proses naturalisasi. Dia juga sepakat dan setuju untuk mengganti kewarganegaraannya jadi WNI,” kata Shin Tae-yong.

Meski begitu, Shin Tae-yong tak mau gegabah dalam mengambil keputusan naturalisasi Nathan Tjoe-A-On. Pelatih asal Korea Selatan itu akan melakukan penilaian terlebih dahulu, apakah Nathan sesuai dengan kebutuhan di timnya.

“Saya memang belum bisa memberikan keputusannya sekarang, sebelum saya melihat langsung permainannya seperti apa. Setelah saya melihat kualitasnya, kami akan membicarakannya dengan Ketua Umum PSSI [Erick Thohir] baru diputuskan selanjutnya bagaimana,” ucap Shin Tae-yong.

Dikutip dari Transfermarkt, Nathan Tjoe-A-On adalah pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Namun, Nathan juga bisa ditempatkan di posisi bek tengah.

Dalam skuad timnas Indonesia saat ini sudah ada dua pemain naturalisasi yang mengisi posisi bek kiri dan bek tengah. Mereka adalah Shayne Pattynama di posisi bek kiri dan Jordi Amat yang dipercaya mengisi posisi bek tengah skuad Garuda.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Shin Tae-yong Ungkap Ada Pemain Keturunan yang Tertarik Bela Timnas Indonesia”

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya