SOLOPOS.COM - Timnas voli putra Indonesia melakukan selebrasi seusai mengalahkan Timnas voli putra Kamboja pada final voli SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, Senin (8/5/2023) malam WIB. Timnas voli putra Indonesia berhasil meraih medali emas usai menang dengan skor 25-21, 25-10, dan 25-15. (Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, SOLO–Jadwal penutupan SEA Games 2023 Kamboja. Kamboja yang kali pertama menjadi tuan rumah memberi suguhan apik pada upacara pembukaan di Stadion Nasional Morodok Techno, Phnom Penh, Jumat (5/5/2023) lalu.

Namun, hal itu dinodai dengan terjadinya insiden bendera Indonesia yang dibawa penari saat tampil di acara prapembukaan SEA Games 2023 terpasang terbalik. Indonesia memprotes hal tersebut. Penyelenggara akhirnya meminta maaf dan berjanji kejadian tersebut tidak akan terulang lagi.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Sebanyak 36 cabang olahraga (cabor) dipertandingkan. Indonesia mengirimkan 599 atlet untuk mengikuti 31 cabor.

Pesta olahraga dua tahunan terbesar se-Asia Tenggara itu sudah berlangsung selama lebih kurang sepekan. Tim Merah Putih telah memberikan banyak pencapaian. Hingga hari ini, Kamis (11/5/2o23) pukul 18.14 waktu Kamboja (tidak ada perbedaan dengan WIB), Indonesia berada di peringkat keempat dengan mengoleksi 38 medali emas, 33 perak, dan 57 perunggu, total 128 medali.

Jadwal penutupan SEA Games 2023 Kamboja dapat dilihat di ulasan ini.

Timnas bola voli putra menorehkan prestasi luar biasa, mampu mempertahankan medali emas untuk kali ketiga secara berturut-turut di ajang SEA Games. Rivan Nurmulki, Farham Halim, dan kawan-kawan mempermalukan tim tuan rumah Kamboja pada laga final dengan skor 3-0.

Tim pencak silat menorehkan tak kalah mentereng. Pencak silat Indonesia menjadi juara umum dengan memboyong sembilan medali emas.

Saat ini, para atlet masih berjuang meraih prestasi terbaik untuk mewujudkan target. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang target tinggi bagi kontingen Indonesia. Jokowi berharap tim Merah Putih mampu melampaui pencapaian SEA Games 2021 Vietnam yang digelar 2022 lalu.

“Saya hanya pesan di SEA Games di Vietnam, saat itu kita peroleh medali 69 emas dan kita peringkat ketiga, sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya lebih dari 69 dan peringkatnya di atas tiga, hanya ada dua, peringkat satu atau dua,” kata Jokowi saat pemberangkatan atlet di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Atlet Indonesia masih memiliki waktu lima hari lagi untuk mewujudkan target itu. Tidak mudah memang, tetapi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo saat pengukuhan atlet SEA Games 2023 Kamboja optimistis target tersebut bisa tercapai.

Lalu kapan SEA Games 2023 Kamboja akan berakhir? Berikut adalah jadwal penutupan SEA Games 2023 Kamboja.

Sesuai jadwal, SEA Games tahun ini bakal berakhir pada Rabu (17/5/2023) mendatang. Ajang ini bakal menjadi tolok ukur bagi atlet Indonesia untuk menatap Olimpiade 2024 Prancis mendatang.

Demikian jadwal penutupan SEA Games 2023 Kamboja.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya