SOLOPOS.COM - Luis Enrique (REUTERS/Vincent West)

Luis Enrique tak akan lanjut sebagai pelatih Barcelona.

Solopos.com, BARCELONA – Luis Enrique memutuskan untuk tak melanjutkan jabatannya sebagai pelatih Barcelona. Dia akan resmi mundur pada akhir musim nanti. Keputusan itu sekaligus menjawab spekulasi yang selama ini bergulir.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Ya, Enrique sempat mendapat tekanan menyusul performa yang tak bagus dari Barca. Terlebih saat mereka dihajar PSG, empat gol tanpa balas, di ajang Liga Champions. Namun setelah itu, performa Barca justru kian meningkat.

Terbukti, mereka dapat menggasak Sporting Gijon di Camp Nou dalam lanjutan Liga Spanyol, Kamis (2/3/2017) dini hari WIB, dengan skor 6-1. Tapi, setelah kemenangan telak tersebut, Enrique justru mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan Barca akhir musim nanti.

“Selama pramusim, saya bertemu dengan [Direktur] Albert Soler dan [Sekretaris Tim Utama] Robert Fernandez dan saya memberi tahu mereka bahwa ada peluang saya tak memperbarui kontrak,” ungkap Enrique di situs resmi Barca, Kamis.

“Mereka, atas nama klub, meyakinkan saya bahwa tidak ada tekanan. Momen itu sekarang telah tiba dan saya mengumumkannya kepada kalian,” tambah Enrique.

Mengenai keputusan tersebut, Enrique memiliki alasan tersendiri. “Saya harus menjalani profesi ini dengan pencarian solusi tanpa henti dan berupaya membuat tim jadi lebih baik. Itu berarti waktu untuk rileks dan jeda sangat sedikit. Pada akhir musim, akan bagus bagi saya untuk beristirahat,” katanya.

Di musim ini, Enrique berkesempatan untuk meraih trofi bersama Barca sebagai perpisahan manis. Mereka masih berlaga di tiga kompetisi yakni Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions. Meski di Liga Champions peluang mereka sangat tipis.

“Kami punya tiga bulan tersisa yang menyenangkan. Tiga bulan di semua kompetisi. Tentu saja di salah satunya kami berada dalam situasi sulit. Namun, dengan dukungan semua orang, saya yakin kami akan punya peluang untuk membalikkan keadaan,” tandasnya.

Enrique diangkat sebagai pelatih Barca pada musim panas 2014 untuk menggantikan Gerardo Martino. Pada musim pertamanya, dia langsung mempersembahkan treble untuk Barca. Sementara pada musim lalu dia memberi titel La Liga dan Copa del Rey. Total ada delapan trofi yang diraih Barca selama Enrique jadi pelatih hingga sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya