SOLOPOS.COM - Ketua Askot PSSI Solo, Arya Surendra (tengah) memberikan keterangan terkait gelaran kompetisi sepak bola KU-12 Piala Wali Kota Solo di Balai Persis Solo, Jumat (17/3/2023). (Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Asosiasi Kota (Askot) PSSI Solo akhirnya menggelar kompetisi sepak bola usia dini untuk kelompok umur 12 tahun atau KU-12 di Stadion Mini, Banjarsari, Solo pada, Sabtu-Minggu (18-19/3/2023).

Turnamen ini menjadi kali perdana di era kepengurusan Arya Surendra setelah resmi dilantik sebagai Ketua Askot PSSI Solo di Loji Gandrung, Senin (20/6/2022) silam.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Turnamen sepak bola KU-12 bertajuk Piala Wali Solo 2023  akan diikuti 24 tim se-Kota Solo.

Ketua Panitia Penyelenggara, Rianto Ardi Nugroho, mengatakan sebanyak 20 tim peserta merupakan tim internal di bawah naungan Askot PSSI Solo dan empat tim lainnya dari sekolah sepak bola (SSB) yang terafilisasi dengan Askot PSSI Solo.

“Peserta 24 tim nantinya akan terbagi dalam 8 grup. Dua tim teratas akan maju ke babak 16 besar hingga partai final yang akan dilaksanakan pada Minggu 19 Maret 2023,” kata Rianto dalam jumpa pers di Balai Persis, Jumat (17/3/2023).

Rianto mengatakan turnamen ini menggunakan aturan waktu 2×12 menit dengan istirahat 3 menit. Pihak panitia juga telah melakukan screening seleksi ketat terhadap para pemain.

“Screening ini dimaksudkan untuk memfilter pemain agar tidak mencuri umur. Dari screening yang dilakukan panitia, semua pemain dinyatakan sah dan memenuhi ketentuan dan persyaratan,” kata Rianto yang merupakan mantan kapten Persis Solo Junior itu.

Dia menambahkan apabila dalam turnamen diketahui ada pemain melanggar pencurian umur akan diproses di tingkat Komdis Askot PSSI Solo.

Persyaratan lainnya, setiap pemain wajib menunjukkan KIA Soloraya atau dengan akta kelahiran di wilayah Soloraya.

“Komdis yang memutuskan. Kalau memang terbukti bersalah, akan didiskualifikasi dan di-blacklist di turnamen-turnamen di bawah Askot PSSI Surakarta,” tambah Rianto.

Ketua Askot PSSI Solo, Arya Surendra mengapresiasi terselenggaranya turnamen sepak bola untuk kelompok usia yang pertama kalinya di Kota Solo.

“Setelah ebrtahun-tahun, belum ada turnamen kelompok usia di Kota Solo di bawah Askot PSSI Solo. Ya baru tahun ini ada turnamen kelompok umur. Dari turnamen ini, kami berharap ada bibit-bibit unggul pesepak bola dari Kota Solo,” terang Ryo sapaan akrabnya.

Dia menambahkan, turnamen sepak bola KU-12 tahun memperebutkan Piala Wali Kita Solo direncanakan terus bergulir setiap tahunnya.

“Ada piala bergilir dari Mas Wali yang akan diperebutkan 24 tim. Kami optimistis, dari turnamen usia dini ini lahir pemain-pemain hebat dari Kota Solo untuk bisa memperkuat Persis Solo atau timnas Indonesia,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya