SOLOPOS.COM - Lifter putri Indonesia, Citra Febrianti, tampil di kelas 53kg cabang angkat berat Olimpiade 2012 di London, Inggris. (Tangkapan layar Youtube Olympics)

Solopos.com, JAKARTA – Mantan lifter Indonesia, Citra Febrianti, akan menerima realokasi medali perak Olimpiade 2012 London, Inggris, bertepatan dengan acara Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run 2022 sebagai puncak perayaan Hari Olimpiade di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 18 September 2022.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, mengatakan Citra dinyatakan berhak atas medali perak Olimpiade 2012 setelah dua atlet di atasnya dinyatakan positif doping oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada 25 Oktober 2018.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Seremoni ini tak hanya menjadi penantian Citra, tetapi seluruh masyarakat Indonesia. Citra membuktikan tak ada bulir keringat yang sia-sia yang keluar dari tubuh seorang clean athlete dan tak ada toleransi untuk cheater (seseorang yang telah berbuat curang) di olahraga,” kata Okto dikutip dari Antara, Rabu (7/9/2022).

Ini artinya, Citra akan mengakhiri penantian selama 4 tahun (setelah 2018 dengan mencuatkan kasus doping tersebut).

Baca Juga: Ini Jadwal Turnamen Bulu Tangkis Bergengsi Terdekat Setelah Japan Open 2022

Adapun terkait Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run 2022, kata Okto, menjadi salah satu cara NOC Indonesia dalam melakukan Olympic Movement atau Gerakan Olimpiade di Tanah Air.

“Olympic movement menjadi peran kami dalam mengedukasi masyarakat terkait Olympic values atau nilai-nilai Olimpiade dan kami rasa bulan ini merupakan waktu yang tepat karena bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September yang kemudian dilanjutkan Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run pada 18 September,” kata Okto.

Baca Juga: Siap-Siap! Jersey Orisinal Persis Solo akan Dirilis untuk Publik pada Bulan Ini

Sementara itu, Ketua Komisi Sport for All NOC Indonesia Ery Erlangga menjelaskan Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run 2022 merupakan kegiatan gembira yang sejatinya mengajak masyarakat berlari 5km di Plaza Timur Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya