SOLOPOS.COM - Ilustrasi main sepak bola. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Federasi Sepak Bola Aljazair (FAF) menunda seluruh kompetisi sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina yang digempur oleh Israel.

Aljazair menyerukan dukungan terhadap Palestina lewat sepak bola. FAF merilis pernyataan khusus sebagai penghormatan untuk rakyat Palestina. FAF juga mengutuk serangan zionis Israel di Gaza yang mengakibatkan banyak warga Palestina meninggal dunia.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

“Mengekspresikan solidaritas kepada saudara-saudara Palestina yang menentang dan untuk menghormati kenangan para martir terhormat dan mulia yang menjadi korban serangan kejam Zionis yang dilakukan di sektor Gaza terhadap penduduk di Palestina yang diduduki, FAF telah memutuskan untuk menangguhkan semua kompetisi dan pertandingan sepak bola, hingga pemberitahuan lebih lanjut,” tulis pernyataan FAF, Rabu (18/10/2023).

PSSI-nya Aljazair itu resmi menunda seluruh kompetisi sepak bola di Aljazair hingga waktu yang tidak ditentukan atau setidaknya hingga situasi di Palestina kondusif.

FAF juga menyatakan kesediaannya untuk menjadi markas skuad Singa Kanaan, julukan timnas Palestina dalam menggelar pertandingan internasional.

Palestina dijadwalkan turun di kualifikasi Piala Dunia 2026 dan kualifikasi Piala Asia 2027 pada November mendatang. Timnas Palestina akan bertandang ke Lebanon pada 16 November dan menjamu Australia pada 21 November di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Laga kontra Lebanon digelar di Uni Emirat Arab (UEA), sedangkan partai kontra Australia belum ditentukan tempatnya.

Karena kondisi Palestina yang tidak memungkinkan menggelar pertandingan sepak bola, Aljazair bersedia menjadi tuan rumah.

“Presiden FAF Walid Sadi mengumumkan bahwa negara kami akan menjadi tuan rumah resmi pertandingan Palestina-Australia, dijadwalkan November,” bunyi pernyataan FAF.

FAF juga siap menanggung seluruh biaya akomodasi dan transportasi selama timnas Palestina berlaga di Aljazair. Selain itu, FAF siap memberikan tempat untuk seluruh laga kandang Palestina, baik resmi maupun tak resmi, dalam persiapan di kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027.

FAF telah menerima permintaan dari Palestina untuk menjadi tuan rumah. Namun, FAF harus menunggu izin dari FIFA untuk merealisasikan rencana tersebut.

Palestina memiliki stadion nasional yang terletak di Tepi Barat. Karena konflik menghadapi Israel, Federasi Sepak Bola Palestina meminta Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk mencarikan arena netral dalam laga kandang menghadapi Australia.

Konflik dengan Israel membuat Palestina batal berpartisipasi di Piala Merdeka 2023 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pekan lalu. Skuad Palestina tak bisa melakukan perjalanan ke Malaysia karena konflik yang berkecamuk di Gaza.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Respek! Aljazair Tunda Semua Pertandingan demi Solidaritas Palestina”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya