SOLOPOS.COM - Logo Piala Presiden 2022

Solopos.com, SOLO – Polresta Solo sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan dalam laga Persis Solo melawan PSIS Semarang pada Piala Presiden 2022 pada Selasa (21/6/2022) sore. Salah satunya dalah Polresta memanggil dan mempertemukan kelompok suporter kedua tim pada pekan lalu.

Hal itu disampaikan Kapolresta Solo, Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak, saat dijumpai wartawan di sela-sela kegiatannya, Senin (20/6/2022) siang. Menurutnya pertemuan itu telah menyepakati beberapa hal seperti komitmen menjaga keamanan dan ketertiban tetap kondusif. Perwakilan suporter juga diminta menyampaikan aturan barang-barang yang dilarang masuk ke area stadion.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Empat laga yang sudah berlangung masih ditemukan pembawan miras yang akan dibawa ke stadion. Ini kami lakukan secara konsisten dan tegas. Ini agar potensi sekecil apa pun yang menganggu bisa kami antisipasi,” kata dia.

Dia menambahkan kedua pihak sudah sepakat tidak ada konvoi atau arak-arakan dari daerah asal ke Stadion Manahan maupun arah sebaliknya. Polresta Solo juga telah berkoordinasi dengan Panitia Pelaksana (Panpel) terkait lokasi parkir yang terpisah.

“Saya ucapkan terima kasih ke perwakilan suporter. Semua suporter tidak menggunakan knalpot brong. Kami berharap Piala Presiden bisa berjalan dengan aman dan tertib,” kata dia.

Baca Juga: Stadion Manahan Solo Mendadak Hitam

Menurutnya barang-barang yang dilarang masuk ke stadion yakni barang-barang berbahaya. Panpel sudah mengeluarkan aturan terkait makanan dan minuman. Ia menyoroti ditemukannya miras yang dibawa suporter di pertandingan lalu. Tiga lapis pengamanan bakal mencegah peredaran miras itu. Termasuk suporter yang terindikasi mabuk dilarang masuk ke dalam stadion meskipun bertiket.

“Kami akan tindak tipiring pembawa miras. Lalu kami juga sudah berkoordinasi di lokasi parkir akan ditambah penerangan,” kata dia.

Ia menambahkan terdapat 870 personel gabungan terdiri dari TNI, Polri, dan Sat Brimob Polda Jateng.

Baca Juga: Jacksen Akui Pertandingan Persis Solo Vs PSIS Semarang Penuh Gengsi

Kapolresta juga menyatakan pada Jumat (24/6/2022) ada dua laga dalam sehari. Pihaknya masih berkoordinasi terkait laga itu untuk mengantisipasi gesekan. Kota Solo sebagai penyelenggara Piala Presiden 2022 berjalan dengan tertib. Dia berharap hal ini dapat berlangsung ke depan yakni Liga 1 dan Piala Dunia U-20.

Sebelumnya, panpel Stadion Manahan Solo menjadikan tragedi meninggalnya dua suporter di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai pelajaran agar hal itu tidak terjadi di Solo. Hingga saat ini belum ada petunjuk dari PSSI maupun Liga Indonesia Baru (LIB) ke panpel menyusul peristiwa itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya