SOLOPOS.COM - Pebulutangkis tunggal putri Korea Selatan, An Se Young. (Instagram/a_sy_2225).

Solopos.com, SOLO–Kehadiran pemain muda fenomenal dari Korea Selatan bernama An Se Young mengubah peta kekuatan tunggal putri bulu tangkis/badminton dunia, begini sepak terjangnya.

Sejak awal kemunculannya di ajang BWF Tours pada 2019, An Se Young sudah memberi kejutan. Meski masih berumur 17 tahun, tetapi penampilannya mengesankan.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Dia mampu menjungkalkan pemain-pemain unggulan tunggal putri senior. Pada awal kiprahnya di level senior itu An Se Young mampu mengoleksi beberapa gelar.

Prestasi demi prestasi diraih hingga menempatkannya menjadi pebulutangkis tunggal putri nomor dua dunia di usianya yang masih 21 tahun saat ini.

Bahkan, dengan prestasinya itu dikabarkan An Se Young pekan ini menjadi tunggal putri nomor satu dunia menggusur posisi Akane Yamaguchi dari Jepang.

Dia mampu mendobrak dominasi Akane, Tai Tzu-ying (China Taipei), Chen Yu Fei (China), dan tunggal putri dunia lainnya.

Atas sepak terjangnya yang fenomenal itu An Se Young dijuluki anak ajaib atau wonderkid. Julukan itu layak disematkan mengingat pencapaiannya yang luar biasa di usianya yang masih muda.

Pada musim ini saja, An Se Young sudah menyabet tujuh gelar juara di ajang agenda BWF setelah menjuarai Japan Open 2023, Minggu (30/7/2023) lalu, fantastis.

Di partai final Japan Open 2023, dia melibas unggulan kelima dari China, He Bing Jiao, dua gim langsung.

An Se Young satu-satunya pebulutangkis yang mampu meraih tujuh gelar juara musim ini. Tidak ada satupun pemain tunggal atau ganda yang sudah meraih tujuh gelar selain pemain kelahiran Gwangju tersebut.

Dia menjuarai ajang India Open, Indonesia Masters, All England, Thailand Open, Singapore Open, Korea Open, dan Japan Open.

Dari tujuh gelar tersebut, satu di antaranya merupakan kategori level Super 1000, serta masing-masing tiga gelar level Super 750 dan Super 500.

Jumlah gelar juara yang diraih An Se Young tahun ini melebihi prestasi pebulutangkis tunggal putri nomor satu dunia Akane Yamaguchi.

Wakil Jepang itu baru meraih emapt gelar pada tahun ini, yakni di Canada Open, Malaysia Masters, German Open, dan Malaysia Open.

Prestasi An Se Young itu belum termasuk gelar runner up yang diraih. Dia menjadi yang terbaik nomor dua di Malaysia Open dam Jerman Open. Gelar-gelar itu membuktikan keganasan An Se Young di lapangan.

Dia masih berpeluang menambah koleksi medali juara mengingat masih ada sejumlah turnamen agenda BWF hingga akhir tahun ini.

Tahun ini menjadi tahun terbaik bagi An Se Young. Pada 2021 dan 2022 lalu dia menyabet masing-masing tiga gelar.

Awal Karier An Se Young

An Se Young sudah menyukai badminton sejak kecil. Pemain dengan zodiak Aquarius ini masuk ke dalam timnas Korea Selatan muda pada usia 15 tahun dan masuk tim senior ketika memperkuat tim pada Uber Cup 2015 .

Dia pun mendapatkan gelar perdananya di kejuaraan New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300 setelah mengalahkan Li Xue Rui dengan skor 21-19 dan 21-15.

Lalu, An Se Young menjadi juara French Open 2019 Super 750. Dia membalas kekalahannya atas Carolina Marin dengan skor 16-21, 21-18 dan 21-5.

An Se Young juga berhasil menjadi juara Korea Masters 2019 Super 300 setelah mengalahkan seniornya, Sung Ji Hyun, dua set langsung 21-13 dan 21-17.

Pemain yang pernah menjadi bintang di Drama Korea ini memulai debut pada Olimpiade 2020 sebagai pemain termuda, tapi sayangnya dia gagal melaju ke babak final setelah gagal melawan Chen Yu Fei .

Sementara itu, An Se Young resmi menyabet treble winners di Bali dalam Indonesia Badminton Festival 2021 seusai menjadi juara BWF World Tour Finals 2021.

An Se Young sukses menyabet treble winners setelah sebelumnya sukses menjadi juara Indonesia Masters 2021 dan Indonesia Open 2021 untuk sektor tunggal putri.



An Se Young berhasil mengalahkan tunggal putri asal Thailand, Pornpawee Chochuwong, di final Korea Open 2022. Berkat kemenangan itu, An Seyoung lantas sukses memberikan gelar pertama untuk Korea Selatan di ajang super 500 tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya