SOLOPOS.COM - Tangkapan layar informasi dari AFF 2020 terkait Pratama Arhan sebagai pemain muda terbaik. (Twitter)

Solopos.com, SEMARANG — Bek Timnas Indonesia milik PSIS Semarang, Pratama Arhan, dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020. CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, pun mengaku bangga dengan prestasi yang diraih Arhan tersebut.

Arhan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik setelah meraih suara terbanyak yang digelar sepanjang turnamen Piala AFF 2020. Ia meraih suara terbanyak dengan total raihan 60.122 suara.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Sementara itu, posisi kedua diraih pemain lain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, dan bek lain PSIS Semarang, Alfreanda Dewangga, di urutan ketiga. Sedangkan posisi keempat pemain muda Piala AFF 2020 jatuh kepada gelandang serang Thailand yang bermain untuk klub Liga Premier Inggris, Leicester City, Thanawat Suengchitthawon. Kemudian, di urutan kelima pemain muda terbaik ditempati Sieng Chanthea dari Kamboja.

Baca juga: Indonesia Gagal Juara Piala AFF 2020, Pratama Arhan Pemain Muda Terbaik

Yoyok Sukawi pun mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan Arhan selama turnamen Piala AFF 2020. Kendati Timnas Indonesia gagal meraih gelar juara setelah di partai final dikalahkan Thailand dengan agregat 2-6.

“Pastinya kami bangga Arhan menjadi pemain muda terbaik. Dia layak mendapatkan itu melihat performanya selama Piala AFF 2020. Arhan tampil konsisten dan menunjukkan kontribusi besar bagi timnas,” ujar Yoyok dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/1/2021) malam.

Yoyok pun berharap penghargaan itu bisa menjadi pelecut semangat bagi Arhan untuk tampil lebih baik di kemudian hari. “Selain itu, harapan kami, Arhan tetap fokus dan kerja keras. Mumpung dia masih muda, supaya bisa menggapai cita-cita setinggi langit,” terang CEO PSIS Semarang itu.

Sepanjang Piala AFF 2020, Arhan memang tampil moncer. Ia bahkan selalu dipercaya pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, untuk menjadi starter. Tercatat, dalam enam laga dari delapan penampilan Timnas Indonesia, Arhan selalu menjadi starter.

Baca juga: Lagi-Lagi! Indonesia Cuma Jadi Runner Up Piala AFF

Ia bahkan menciptakan dua gol bagi Timnas Indonesia, salah satunya gol ke gawang Singapura pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Padahal, saat itu Indonesia tertinggal 1-2 dari Singapura. Berkat gol Arhan itu pun, Indonesia memaksa Singapura memainkan babak perpanjangan waktu. Akhirnya, Indonesia pun mampu menundukan Singapura dengan skor 4-2 dan melaju ke final.

Di partai final, Arhan harus absen pada leg pertama akibat akumulasi kartu kuning. Dalam laga final leg pertama yang berlangsung di Stadion Nasional Singapura, Indonesia pun harus bertekuk lutut dari Thailand dengan skor 0-4.

Pada leg kedua yang berlangsung di stadion yang sama pada Sabtu (1/1/2021), Arhan kembali tampil. Indonesia pun mampu bermain imbang 2-2 dengan Thailand. Kendati demikian, Indonesia harus merelakan gelar juara Piala AFF 2020 untuk Thailand setelah kalah dengan agregat 2-6.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya