SOLOPOS.COM - Pemain Timnas U-17 Indonesia Arkhan Kaka Putra Purwanto meluapkan kegembiraannya seusai mencetak gol ke gawang Timnas Panama pada pertandingan penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/11/2023). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).

Solopos.com, SOLO–Striker Timnas U-17 Indonesia yang juga penyerang Persis Solo, Arkhan Kaka Purwanto, masuk radar pencari bakat sepak bola dunia.

Itu setelah pemain 16 tahun tersebut mencetak dua gol berharga untuk skuad Garuda Muda di dua laga Piala Dunia U-17 2023.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Penggawa Laskar Sambernyawa itu mencetak satu-satunya gol Indonesia saat bermain imbang melawan tim kuat Ekuador dalam laga pertama babak penyisihan Grup A.

Pemain asal Blitar menjadi penyelamat Indonesia dari kekalahan dengan menciptakan gol penyeimbang 1-1 ketika menghadapi Panama pada matchday 2.

Hasil tersebut menjaga asa timnas U-17 Indonesia dalam usaha lolos ke babak 16 besar seperti target yang dicanangkan PSSI.

Aksi-aksi Arkhan Kaka di Piala Dunia U-17 ternyata mendapat sorotan pencari bakat atau talent scouting dari luar negeri.

Memang, Piala Dunia U-17 selalu menjadi sorotan dunia. Ajang ini menjadi kesempatan bagi para pencari bakat untuk mengamati pemain-pemain potensial.

Temuan mereka tak jarang menjadi referensi tim-tim sepak bola di dunia dalam mencari pemain berbakat.

Itu seperti dilakukan Football Talent Scout-Jacek Kulig yang menyampaikan hasil pengamatannya melalui akun Twitter @FTalentScout.

Pantauan Solopos.com di unggahan akun Twitter tersebut, Rabu (15/11/2023), Arkhan Kaka disebut sebagai harapan besar sepak bola Indonesia.

Arkhan Kaka: mencetak gol bernilai satu poin melawan Ekuador dalam pertandingan Piala Dunia U-17 pertama Indonesia. mencetak gol bernilai satu poin melawan Panama dalam pertandingan Piala Dunia U-17 kedua Indonesia. Harapan besar sepak bola Indonesia!” tulis akun @FTalentScout.

Akun tersebut juga menyebut Arkhan Kaka sebagai talenta besar di sepak bola Indonesia setelah Marselino Ferdinan.

Football Talent Scout-Jacek Kulig juga menyampaikan analisisnya tentang Arkhan Kaka melalui website footballtalenscout.net.

Berikut sebagian hasil analisis yang diungkapkan footballtalenscout.net:

Arkhan Kaka:

  • Keterampilan yang sangat lengkap untuk seorang penyerang seumurannya tetapi masih perlu terus bekerja untuk menyempurnakan kapasitas teknisnya, atribut fisik, dan menembak dengan kaki yang lebih lemah.
  • Beradaptasi untuk bermain dalam tempo yang lebih tinggi dan menghilangkan kesalahan teknis dan sentuhan pertama.

Gaya permainan:

  • Penyerang komplet/target man modern.
  • Pemain yang tinggi dengan rasio massa yang baik yang perlu membangun lebih banyak otot/kekuatan fisik dan dapat berkembang dengan sangat baik secara fisik dalam beberapa tahun ke depan.
  • Pergerakan cerdas di luar bola, waktu yang tepat, ketenangan, dan gaya di sepertiga akhir lapangan.
  • Dapat beroperasi efektif sendirian di depan atau memberikan fleksibilitas dalam duo serangan.
  • Kecepatan yang baik dan sangat baik dalam jarak yang lebih panjang untuk seorang pemain seumurannya.
  • Pemain yang bergerak dengan baik untuk mengalahkan penjaganya dan menghindari tekanan.
  • Kekuatan fisik, kemampuan udara, dan tekniknya memungkinkannya bermain dengan efektif dengan membelakangi gawang/kemampuan sangat baik untuk berhubungan dengan lini tengah dan rekan-rekan serang.
  • Sering bergerak lebih dalam ke lini tengah dan menarik bek dengan dia untuk menciptakan dan memanfaatkan ruang bagi rekan-rekannya.
  • Menciptakan banyak flick-ons dan umpan ke saluran untuk dimanfaatkan oleh rekan-rekan setimnya.
  • Merasa cukup nyaman di ruang sempit/di bawah tekanan berkat kerja kaki, teknik, dan kendali bola.
  • Mencari posisi yang bagus saat menerima umpan terobosan.
  • Cepat, lincah, dan dribbler yang baik yang juga produktif saat menyerang dari sisi/lebih dalam.
  • Sangat sulit dihentikan karena kekuatan, kemampuan melindungi bola, dan kendali yang rapat.
  • Suka memanfaatkan kelalaiannya lawan/selalu waspada untuk memanfaatkan kesalahan pertahanan.
  • Ancaman udara di kotak lawan.
  • Aktivitas yang baik dan ketekunan dalam menekan/kerja keras di luar kepemilikan/sering melacak kembali dan bekerja untuk tim.
  • Penendang penalti yang akurat.

Analisis selengkapnya ada di tautan ini.

Arkhan Kaka memang menjadi sorotan sejak lama. Dia sukses membawa timnas U-16 Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Pada ajang Piala Dunia U-17 di Indonesia, dia mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di Piala Dunia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya