SOLOPOS.COM - Para pemain voli putri penerima gelar individu seri kedua SEA V League 2023 di Thailand berfoto bersama, Minggu (13/8/2023). (Twitter/@volleyballidn).

Solopos.com, SOLO–Dua pemain timnas voli putri Indonesia menyabet gelar individu pada ajang seri kedua SEA V League 2023 di Thailand.

Mereka adalah Arneta Putri Amelian yang dinobatkan sebagai Best Setter atau pengumpan terbaik dan Ratri Wulandari sebagai Best Outside Hitter atau pemukul dan pemblokir serangan lawan terbaik.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Satu pemain Indonesia lainnya, Wildan Siti Nurfadilah sempat maju ke panggung dan menerima vandel penanda gelar Best Middle Blocker.

Namun, ternyata pemain peraih gelar itu bukan kapten timnas voli putri Indonesia tersebut. Penerima penghargaan yang sebenarnya adalah Doan Thi Xuan dari Vietnam.

Terjadi kesalahpahaman lantaran pembawa acara terlebih dahulu menyebut nomor punggung pemain peraih penghargaan tersebut baru kemudian menyebut nama. Saat pembawa acara menyebut nomor, pemain Indonesia bersorak lalu Wildan maju ke panggung.

Pada seri kedua SEA V League 2023 Thailand tersebut, Indonesia menjadi menjadi juara III seusai menumbangkan Filipina pada laga terakhir, Minggu (13/8/2023).

Indonesia menundukkan Filipina dengan skor 3-1 (22-25, 25-21, 25-22, dan 26-24) pada laga penutup seri ke-2 hari ini. Hasil ini merupakan pencapaian sama seperti yang diraih Wildan Siti Nurfadilah dan kawan-kawan pada seri pertama.

Filipina yang juga kalah dari Vietnam dan Thailand, menempati peringkat empat atau sebagai juru kunci klasemen akhir.

Sementara, tuan rumah Thailand keluar sebagai kampiun setelah menundukkan Vietnam pada laga terakhir dalam permainan tiga set langsung (25-15, 25-22, dan 25-22).

Gelar itu merupakan gelar kelima beruntun yang diraih Thailand di ajang yang sama sejak 2019. Itu menjadikan timnas voli putri Thailand sebagai ratu Asia Tenggara.

Hingga saat ini belum ada timnas voli putri dari negara lain di Asia Tenggara yang mampu menyaingi Thailand. Vietnam yang secara kualitas lebih baik daripada Indonesia juga belum mampu berbuat banyak setiap berhadapan dengan Thailand.

Kondisi itu membuat Vietnam mendapat titel spesialis runner up di ajang level Asia Tenggara. Sementara, Indonesia juga belum mampu mengungguli Vietnam, terlebih Thailand. Ini yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi federasi voli Indonesia.

Berikut daftar peraih gelar individu seri kedua SEA V League 2023 Thailand:

  • Best Setter: Arneta Putri (Indonesia).
  • Best Libero: Piyanut Pannoy (Thailand).
  • Best Outside Hitter 1: Vhi Thi Nu Quynh (Vietnam).
  • Best Outside Hitter 2: Ratri Wulandari (Indonesia).
  • Best Middle Blocker 1: Jarasporn Bundasak (Thailand).
  • Best Middle Blocker 2: Doan Thi Xuan (Vietnam).
  • Best Opposite Hitter: Alyssa Solomon (Filipina).
  • Most Valuable Player (MVP): Chatchuon Mokhsri (Thailand).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya