SOLOPOS.COM - Pemain Arsenal Olivier Giroud (kiri) merayakan golnya ke gawang Fulham pada pertandingan di Stadion Craven Cottage, London, Sabtu (24/8) (JIBI/Solopos/Reuters0

Solopos.com, LONDON — Kemenangan besar di kandang Fenerbahce pada leg pertama playoff Liga Champions, membuat Arsenal bisa bersantai ketika menyambut rivalnya di Stadion Emirates, London, Rabu (28/8/2013) pukul 01.30 WIB (disiarkan langsung SCTV).

Arsenal mengamuk lewat gol Kieran Gibbs, Aaron Ramsey dan Olivier Giourd di markas tim raksasa Turki itu, medio pekan lalu. Hasil itu membawa duel leg kedua seolah hanya sebuah pertandingan formalitas bagi tim berjuluk The Gunners. Sebab seandainya kebobolan dua gol pun, pasukan Arsene Wenger masih bisa melenggang ke fase grup turnamen sepak bola antarklub terelite di Eropa.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Secara matematis, Arsenal telah memijakkan kaki mereka di fase grup. Rekor 16 musim beruntun lolos ke turnamen paling akbar di Eropa pun sudah ada di depan mata. Meski demikian, para penggawa Meriam London tetap mengantisipasi semua kemungkinan yang bisa membelenggu langkah mereka ke fase grup. Bukankah bola itu bundar?

“Kami harus profesional, kami akan lakukan itu,” jelas penyerang Arsenal, Theo Walcott, dilansir latinospost.com, Senin (26/8/2013).

Arsenal jelas lebih dijagokan ketika turun di hadapan pendukung mereka sendiri. Apalagi, krisis yang menimpa Meriam London perlahan mulai taratasi. The Gunners membuka Liga Premier 2013/2014 dengan kekalahan telak 1-3 dari Aston Villa. Namun setelah itu, mereka beruntun memetik kemenangan atas Fenerbahce di leg pertama playoff Liga Champions dan mempecundangi Fulham 3-1 di pekan kedua Liga Premier, akhir pekan lalu.

“Seseorang mengatakan kepadaku kemarin saya membukukan 965 laga bersama Arsenal. Itu menunjukkan saya peduli tentang apa yang terjadi dengan klub ini. Ketika kami dapat hasil seperti itu [kalah dari Villa] sepekan lalu, saya tentu sangat kecewa. Saya melakukan sesuatu yang baik untuk klub, saya cinta jadi saya senang kami kembali ke trek, itu saja,” terang Wenger, dilansir arsenal.com.

Sah-sah saja apabila Wenger menganggap kekalahan Arsenal di awal Liga Premier terlalu dibesar-besarkan. Buktinya, penampilan buruk atas Aston Villa hanyalah satu-satunya kekalahan yang dialami The Gunners sejak awal Maret lalu. Namun kelahan itu acap kali dikaitkan dengan kegagalan Arsenal menggaet pemain bintang menjelang ditutupnya bursa transfer pemain, bahkan menjadi bahan pergunjingan empuk di media.

“Bertanggung jawab dalam hidup adalah melakukan sesuatu yang Anda anggap benar, bukan bereaksi atas apa yang dikatakan orang,” terang dia.

Di liga lokal, Fenerbahce memetik kemenangan tipis 1-0 di kandang mereka, akhir pekan lalu. Striker bedarah Belanda, Dirk Kuyt menjadi satu-satunya pencetak gol bagi tim binaan Ersul Yanal.

Kemenangan di liga lokal bisa itu menyuntikkan semangat mereka melawat ke Emirates. Hasil pertemuan terakhir kedua tim di markas Arsenal juga tak terlalu buruk. Fenerbache tercatat mampu menahan imbang Arsenal tanpa gol di Emirates pada November 2008.

Tapi di lain sisi, mental wakil Turki tambah kurang bergairah karena mereka masih menantikan keputusan Badan Arbitrase Olahraga (CAS) untuk mengesahkan atau tidaknya hukuman UEFA kepada mereka. Keputusan pelaksanaan sanksi UEFA kepada Fenerbahce untuk tidak berkompetisi di level Eropa, karena dugaan skandal pengaturan skor, akan diputuskan setelah pertandingan kontra Arsenal.

 

Prakiraan Starting Line Up

Arsenal (4-5-1) Manajer Arsene Wenger

Szcz?sny; Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs; Walcott, Wilshere, Ramsey, Rosicky, Cazorla; Giroud

Fenerbahce (4-5-1) Manajer Ersul Yanal

Demirel; Itegun, Yobo, Bruno Alves, Kadlec; Kuyt, Raul Meireles, Topal, Belezoglu, Sow; Webo

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya