SOLOPOS.COM - Laga Aston Villa vs Manchester United malam ini akan membawa MU bersaing meraih juara. Ist/Dok

Solopos.com, BIRMINGHAM— Manchester United tak lagi dipandang sebelah mata oleh lawan-lawan mereka. Tim polesan Louis van Gaal mulai ngebut masuk ke lintasan perebutan titel juara Liga Premier setelah mencatat kemenangan dalam enam laga terakhir secara beruntun.

United sempat menjadi bahan olok-olok rival mereka ketika hanya mencatatkan lima poin dalam lima laga pembuka musim ini.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Wayne Rooney dkk. terlihat belum bisa move on setelah terpuruk di peringkat ketujuh klasemen akhir musim lalu. Namun, tim berjuluk Setan Merah itu mulai membuktikan kegigihannya.

Sosok Marouane Fellaini menjadi salah satu orang yang berperan membawa United kembali menegakkan kepala di papan atas klasemen sementara.

Permainan pemain berambut kribo ini semakin cemerlang di lini tengah Setan Merah dengan mengklaim 86,9% akurasi operan.

Padahal musim lalu gelandang asal Belgia ini ikut menjadi bulan-bulanan kegagalan United di era David Moyes. Maklum, Fellaini didatangkan United dengan banderol 27 juta poundsterling (Rp529,2 miliar) namun permainannya di lapangan tak mencerminkan harga yang dibayar Setan Merah.

“Musim lalu kami tidak bermain bagus sebagai tim dan mudah bagi orang-orang di luar klub yang menyalahkan itu kepadaku karena manajer [Moyes] membeliku [dari Everton], namun itu sesuatu yang harus saya maklumi,” urai pemain berusia 27 tahun tersebut, seperti dilansir manchestereveningnews.co.uk, Jumat (19/12).

United akan meneruskan kemenangan beruntun mereka ketika melawat ke markas Aston Villa, Villa Park, Sabtu (20/12) pukul 22.00 WIB. Pasukan Van Gaal membutuhkan kemenangan untuk memantapkan posisi mereka di peringkat ketiga klasemen, sekaligus menekan dua tim teratas, Chelsea dan Manchester City di jalur juara.

“Kami harus percaya kami bisa memenangi gelar. Kami hanya tertinggal delapan poin [dari Chelsea yang menjadi pemuncak klasemen] memasuki periode sibuk ini. Jika kami bisa memenangi laga-laga kami, kemudian kami bisa berada di sana,” urai Rooney beberapa hari setelah Setan Merah membuat Liverpool babak belur 3-0 di Old Trafford, akhir pekan lalu.

Setan Merah mengantongi rekor pertemuan gemilang di hadapan Villa. Saat terpuruk di era Moyes, Setan Merah bahkan masih bisa menggulung The Villans, julukan Villa, 4-1 di Old Trafford dan 3-0 di Villa Park pada Liga Premier musim lalu.

Manchester Merah juga punya bomber yang berpengalaman menjebol gawang Villa, wayne Rooney dan Robin van Persie. Seperti catatan Opta, Villa merupakan tim yang paling sering dijebol Rooney yakni dengan 12 gol. Sementara Van Persie telah lima kali merobek jala Villa dalam lima musim terakhir di Liga Premier. Fellaini juga patut dikedepanjan karena pernah empat kali mencetak gol ke gawang Villa.

Sebaliknya,Villa hanya mencatat sekali kemenangan dalam 37 laga terakhir kontra United di Liga Premier, termasuk sembilan kali imbang dan 27 kali kalah. Kemenangan terakhir Villa atas United terjadi pada 1997. Pasukan Paul Lambert semakin tertekan karena pada pertandingan terakhir, mereka menelan kekalahan 0-1 di markas West Bromwich Albion.

Lambert banyak kehilangan pemain karena cedera. Bukan hanya itu, mereka juga tidak akan bisa menurunkan Kieran Richardson dan Alan Hutton yang menjalani sanksi. “Namun saya tidak akan duduk diam dan memikirkan hal negatif karena itu. Saya sangat yakin kami bisa keluar dari masalah ini dan  berusaha memenangi pertandingan,” jelas Lambert, seperti dilansir Soccerway. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

ASTON VILLA VS MANCHESTER UNITED
• Live Indosiar, Sabtu (20/12) Pukul 22.00 WIB
• Lokasi : Villa Park (Birmingham)
• Wasit : Lee Mason

• Aston Villa (3-4-1-2)
• Pelatih : Paul Lambert
Guzan
Okore, Vlaar, Clark
Lowton, Sanchez, Delph, Cissokho
N’Zogbia
Agbonlahor, Benteke
Cadangan: Cleverley, Weimann, Herd, Given, Lowton, Grealish, Baker

• Manchester United (3-4-1-2)
• Pelatih : Louis van Gaal
De Dea
Jones, Carrick, Evans
Valencia, Fellaini, Rooney, Young
Mata
Van Persie, Wilson
Cadangan: Herrera, Falcao, McNair, Januzaj, Lindegaard, Fletcher, Blackett

Tiga Pertemuan Terakhir
29/03/2014         Liga Premier      Manchester United         4 – 1        Aston Villa
15/12/2013         Liga Premier      Aston Villa          0 – 3        Manchester United
23/04/2013         Liga Premier      Manchester United         3 – 0        Aston Villa

Sumber: Whoscored/Soccerway. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya