SOLOPOS.COM - Marselino Ferdinan (kanan) dan Saddil Ramdani melakukan selebrasi gol kedua Indonesia saat melawan Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2022) malam WIB. (Twitter @PSSI)

Solopos.com, SOLOIndonesia memastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner-up Grup A sesuai mengalahkan Filipina 2-1 pada laga terakhir di Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2023) malam WIB.

Gol Indonesia diciptakan oleh striker Dendy Sulistyawan pada menit ke-21 dan gelandang Marselino Ferdinan pada menit ke-43. Filipina memperkecil kekalahan pada menit ke-83 melalui Sebastian Rasmussen.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Posisi Indonesia sebagai runner-up grup tidak terlepas dari hasil partai lainnya di Thammasat Stadium. Tuan rumah Thailand mengalahkan Kamboja dengan skor 3-1. Hasil tersebut membuat perolehan poin Indonesia dan Thailand sama, yaitu 10. Namun selisih gol Thailand lebih baik yaitu +11, sedangkan Indonesia +9.

Posisi ini membuat Indonesia akan bertemu dengan juara Grup B yang kemungkinan ditempati Vietnam di babak semifinal. Sedangkan Thailand akan melawan runner-up Grup B yang berpotensi ditempati antara Singapura atau Malaysia. Kedua tim akan saling bentrok pada laga terakhir Grup B.

Pada babak kedua laga di Rizal Memorial Stadium, Filipina memperkecil kekalahan pada menit ke-83 melalui sundulan kepala Sebastian Rasmussen menyambut umpan lambung menyilang Stephan Schröck.

Shin Tae-yong merespons gol itu dengan memasukkan Rachmat Irianto menggantikan Marselino Ferdinan dan Ilija Spasojevic menggantikan Dendy Sulistyawan.

Pada babak  ini banyak peluang dibuat pemain Indonesia terlebih setelah Filipina mampu mencetak gol. Namun serangan bergelombang dari Pratama Arhan, Yakob Sayuri dan Ilija Spasojevic gagal membuahkan hasil. Skor 2-1 untuk Indonesia bertahan hingga pertandingan usai.

 

Susunan pemain Filipina vs Indonesia:

Filipina (4-4-2)

Anthony Pinthus; Lyngbo, Aguinaldo, Tabinas, Menzi; Bias, Rontini, Hartmann, Mineghisi; Schrock, Daniels

Indonesia (4-2-3-1):

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Marc Klok, Marselino Ferdinan; Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya; Dendy Sulistyawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya