SOLOPOS.COM - Djokovic, Federer ist/telegraph.co.uk

Solopos.com, LONDON — Pertarungan sengit ATP World Tour 2014 resmi dimulai di O2 Arena, London, Minggu (9/11/2014). Para petenis top dunia, seperti Novak Djokovic dan Roger Federer, harus bersiap menghadapi bintang-bintang anyar tenis yang tengah bersinar. Juara U.S. Open Marin Cilic, serta dua rising star Kei Nishikori dan Milos Raonic, diprediksi bakal menjadi ancaman bagi para penghuni papan atas klasemen ATP.

The Djoker, julukan Djokovic, tengah mengejar gelar ketiga beruntun di puncak turnamen tenis pria setiap musim itu. Demikian juga dengan Federer yang mengincar gelar ketujuh dalam World Tour Finals kali ini.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Petenis Britania Raya, Andy Murray, pun bertekad kuat meraih gelar ATP World Tour Finals pertamanya. Mantan Juara Wimbledon itu merebut tiket ke London pekan lalu setelah memenangi tiga gelar dalam enam turnamen terakhir. Namun, Murray menyadari pertarungan di O2 Arena tak akan berjalan mulus.

“Anda tahu, di sana ada Stan [Stanislas Wawrinka] dan Cilic yang telah mengantongi gelar grand slam pertama, Nishikori yang baru kali pertama memijak ATP World Tour Finals, dan Raonic yang pernah lolos di semifinal Wimbledon,” kata petenis berdarah Skotlandia itu, seperti dilansir Reuters, Sabtu (8/11).

“Para pemain muda telah banyak mengalami kemajuan dan lebih konsisten tapi mereka akan berhadapan dengan petenis terbaik sepanjang masa. Jadi, sebanyak apapun kemajuan mereka, tidak akan mudah mengalahkan para petenis unggulan,” imbuh Murray.

Murray bakal memulai pertarungan babak round robin di Grup B dengan melawan petenis Jepang, Nishikori, Minggu malam WIB. Dua peserta dalam grup itu, Federer dan Raonic, juga dijadwalkan berduel, setelahnya.

Sementara itu, laga Grup A yang terdiri dari Wawrinka, Djokovic, Tomas Berdych, dan Cilic, digeber, Senin (10/11). Pemimpin klasemen ATP, Djokovic, akan berhadapan dengan Cilic, sedangkan Wawrinka melawan Berdych.

Sejauh ini, The Djoker masih menjadi kandidat terkuat untuk merebut gelar juara dunia musim ini. Sebelum bertolak ke London, petenis yang baru saja menjadi ayah itu telah memboyong trofi Paris Masters tanpa kehilangan satu set pun.

Kendati demikian, petenis Serbia itu mengaku mulai merasakan perubahan dalam persaingan tenis sejak 2003 yang biasanya hanya didominasi oleh dia, Federer, Rafael Nadal, dan Murray. Kini, sambung dia, lebih banyak petenis muda yang berhasil melunturkan dominasi mereka.

“Beberapa tahun belakangan, kita memiliki empat pemain berbeda yang memenangi gelar grand slam. Terjadi beberapa perubahan di tenis profesional dengan kedatangan para pemain baru dan generasi baru yang berpeluang meraih peringkat empat besar serta merebut lebih banyak gelar. Namun, ini adalah hal normal yang harus kami terima,” kata petenis yang meraih gelar grand slam ketujuh di Wimbledon musim ini.

Meski baru kali tampil di World Tour Finals, Raonic mengaku optimistis meraih hasil gemilang di laga perdana kontra Federer nanti. “Ini akan menjadi tantangan baru bagi saya. Sebab, dia [Federer] telah berkali-kali tampil di sini. Saya harus menemukan ritme permainan,” kata petenis asal Kanada itu. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya