SOLOPOS.COM - Ilustrasi posisi offside dalam sepak bola berdasar aturan terbaru FIFA yang akan diuji coba. (Istimewa/Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO–Aturan offside terbaru yang akan diuji coba Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dinilai akan menguntungkan penyerang.

Sebab, pada aturan yang baru itu posisi offside tidak seketat aturan sebelumnya (terkait posisi tubuh pemain).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Sebagai informasi, FIFA berencana menguji coba yang diusulkan oleh mantan manajer Arsenal Arsene Wenger (Wenger Law).

FIFA berencana memperkenalkan perubahan baru pada aturan offside dalam sepak bola tersebut. Perubahan ini merupakan tindak lanjut dari proposal mantan pelatih Arsenal Arsene Wenger yang kini bekerja sebagai Chief of Global Football Development FIFA dalam empat tahun terakhir.

Dalam aturan terbaru FIFA tentang offside, ada perubahan besar yang terjadi pada aturan terbaru FIFA tentang offside. Pemain dinyatakan offside setelah berada di lapangan permainan lawan.

Setelah itu, offside akan diberikan jika keseluruhan badan penyerang lebih dekat dengan garis gawang daripada bola dan pemain bertahan kedua.

Pemain bertahan pertama adalah kiper yang biasanya berada di posisi paling belakang. Offside kerap terjadi ketika bola berada di antara pemain belakang dan kiper.

Aturan terbaru offside yang akan diuji coba FIFA tersebut menggantikan peraturan lama tentang offside yang diberikan jika beberapa bagian tubuh penyerang yang bisa disahkan untuk mencetak gol berada lebih dekat dengan garis gawang daripada pemain bertahan.

Artinya, pada aturan lama ada kemungkinan offside yang sangat tipis karena beberapa bagian tubuh saja yang melewati pemain bertahan langsung dinyatakan offside.

Aturan terbaru FIFA tentang offside itu akan menguntungkan penyerang. Wasit baru akan meniup peluit jika keseluruhan tubuh penyerang telah melewati pemain bertahan.

Dalam banyak kejadian, penyerang biasanya menempatkan tangannya lebih depan untuk menjaga keseimbangan dan bersiap menembus pertahanan lawan.

Dalam aturan lama, jika lengan melewati pemain bertahan sebelum menerima bola, hal itu dinyatakan offside. Sedangkan dalam aturan baru, hal itu onside karena belum semua bagian tubuh penyerang yang melewati pemain bertahan.

Rencananya, aturan terbaru FIFA tentang offside baru ini akan diuji coba di Belanda, Swedia, dan Italia sebelum diterapkan secara luas.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “FIFA Uji Coba Aturan Offside Baru, Penyerang Lebih Diuntungkan”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya