SOLOPOS.COM - Para pemain Australia merayakan keberhasilannya menjebol gawang Yordania pada kualifikasi Piala Dunia 2014 di Stadion Docklands, Melbourne, Selasa (11/6). Dalam laga ini, Australia menang 4-0 atas Yordania dan memperbesar kansnya lolos ke Brazil 2014. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Para pemain Australia merayakan keberhasilannya menjebol gawang Yordania pada kualifikasi Piala Dunia 2014 di Stadion Docklands, Melbourne, Selasa (11/6). Dalam laga ini, Australia menang 4-0 atas Yordania dan memperbesar kansnya lolos ke Brazil 2014. JIBI/SOLOPOS/Reuters

MELBOURNE—Timnas Australia berada dalam kontrol untuk lolos ke Piala Dunia 2014 di Brazil setelah melumat Yordania dengan skor 4-0 di Stadion Docklands, Melbourne, Selasa (11/6).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Bermain di hadapan 43.000 pendukungnya, Australia langsung menggebrak sejak menit-menit awal. Gol-gol Socceroos di duel ini, masing-masing dicetak Mark Bresciano (15’), Tim Cahill (60’), Robbie Kruse (76’) dan Lucas Neill (84’).

Kemenangan di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 ini, membawa Socceroos, julukan Australia, melesat ke peringkat kedua klasemen sementara Grup B Zona Asia, di bawah Jepang yang sepekan sebelumnya telah memastikan diri lolos ke Brazil. Australia mengoleksi 10 poin alias unggul satu poin dari Oman yang berada di peringkat ketiga.

Tim Cahill dkk kini hanya perlu memastikan posisinya tetap berada di peringkat kedua sampai laga terakhir mereka di Grup B Zona Asia, melawan Irak pada 18 Juni mendatang, untuk lolos otomatis ke Brazil. Namun, jika sampai posisi mereka melorot ke peringkat ketiga grup, maka anak asuh Holger Osiek masih memiliki peluang dengan melalui playoff untuk memastikan ke Piala Dunia tahun depan.

Kruse menjadi pahlawan kemenangan Australia pada pertandingan ini. Selain menciptakan satu gol, winger Bayer Leverkusen tersebut juga memberi andil besar atas terciptanya gol Bresciano dan Cahill.

Kapten Australia, Neill juga tak mau ketinggalan mencatatkan namanya di papan skor. Gol sundulan kepalanya di enam menit menjelang bubar, memastikan Socceroos menang telak dengan skor 4-0 atas Yordania. Pendukung tuan rumah pun bersorak karena harapan mereka untuk menyaksikan Australia menjejakkan kaki ke Piala Dunia untuk kali ketiga secara beruntun terbuka lebar.

“Meraih kemenangan sempurna, kami benar-benang bahagia dan menempatkan kami dalam posisi bagus ke laga berikutnya,” jelas Kruse kepada Fox Sports, dilansir abc.net.au.

“Fantastis mendapatkan empat gol dan kami bisa punya lebih lagi,” sambung dia.

Sebaliknya, Yordania dalam bahaya. Tim besutan Ahmed Abu Ismail ini harus rela menempati peringkat keempat klasemen sementara Grup B Zona Asia dengan koleksi tujuh poin, alias tertinggal dua poin dari Oman dan tiga poin dari Australia.

Kekalahan kali ini memang belum menutup rapat pintu tim Timur Tengah ini ke Brazil. Meski demikian, peluang mereka tetap tipis. Yordania pun harus memenangi laga terakhir di Grup B Zona Asia kontra Oman, 18 Juni mendatang, demi menembus playoff.

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2014 ZONA ASIA
GRUP B
Hasil Pertandingan, Selasa (11/6)
Australia    4-0    Yordania

Klasemen Sementara   
No    Tim    M    M    S    K    M-K    N   
1    *Jepang    7    4    2    1    15-5    14
2    Australia    7    2    4    1    11-7    10
3    Oman    7    2    3    2    7-9    9
4    Yordania    7    2    1    4    6-16    7
5    Irak    6    1    2    3    4-6    5

Sumber: fifa.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya