SOLOPOS.COM - Novak Djokovic, petenis unggulan teratas di US Open 2013 meluapkan emosinya setelah mengandaskan petenis Rusia Mikhail Youzhny. (JIBI/Reuters/Mike Segar)

Solopos, MELBOURNE – Nasib kontras dialami dua unggulan teratas Australia Open 2014. Ranking satu dunia sekaligus unggulan pertama, Rafael Nadal, harus menghadapi lawan sulit sejak awal, sementara juara bertahan Novak Djokovic, memiliki lawan yang lebih mudah dalam debutnya.

Kepastian ini diperoleh dalam drawing Australia Open 2014 di Melbourne, Jumat (10/1/2014) pagi waktu setempat. Djokovic, yang kali ini tampil sebagai unggulan kedua, akan bertemu petenis Slovakia, Lukas Lacko, di babak pertama.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Jika skenario berjalan sesuai rencana, juara Australia Open tiga musim terakhir itu, akan berjumpa unggulan ke-15, Fabio Fogini, di 16 besar, seeded kedelapan Stanislas Wawrinka di perempat final, ranking tiga dunia, David Ferrer di semifinal dan baru berjumpa Rafael Nadal di final.

Sementara itu, berbeda dengan Djokovic, langkah Nadal terbilang cukup berat. Petenis Spanyol ini sudah harus berjumpa dengan jagon tuan rumah, Bernard Tomic, di babak pertama. Jika mampu mengatasi Tomic, Nadal sudah siap diadang petenis muda Australia, Thanasi Kokkinakis atau petenis Belanda, Igor Sijsling.

Jika lolos ke babak ketiga, Nadal kemungkinan juga akan diadang lawan yang lebih berat, yakni unggulan ke-25, Gael Monfils. Jika mampu bertahan lebih jauh, Nadal diprediksi bertemu unggulan 16 asal Jepang, Kei Nishikori, di babak keempat, seeded kelima, Juan Martin del Potro, di perempat final dan unggulan keempat, Andy Murray, di semifinal.

Berbicara sebelum undian, Djokovic mengaku ingin menambah rekor 21 kali kemenangannya di Melbourne Park. Petenis asal Serbia ini berharap mampu mempertahankan gelarnya di Australia Open musim ini.

“Australia Open adalah grand slam tersuksesku, grand slam favoritku,” ujar Djokovic dilansir situs resmi Australia Open di www.ausopen.com, Jumat.

Kesuksesan di Australia Open juga akan menambah rekor tak terkalahkan Djokovic, semenjak memutuskan bertunangan dengan kekasihnya, Jelena Ristic.

“Sejak saya bertunangan saya tak terkalahkan, jadi saya rasa pernikahan seharusnya segera dilangsungkan,” canda Djokovic.

Sementara itu skenario ideal di perempat final diprediksi mempertemukan juara Wimbledon 2013, Murray dengan pemegang 17 gelar grand slam, Roger Federer. Sedangkan, Ferrer akan berjumpa petenis Republik Cheska, Tomas Berdych.

Murray akan melakoni debutnya di Australia Open dengan menghadapi petenis Jepang, Go Soeda. Sementara, Federer akan menghadapi lawan pertamanya, yakni petenis wildcard asal Australia, James Duckworth.

Turnamen Australia Open 2014 akan dimulai Senin-Minggu (13-26/1/2014) di Melbourne Park.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya