SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MELBOURNE- Lewat pertarungan hampir selama nyaris enam jam, petenis nomor satu asal Serbia, Noval Djokovic secara luar biasa tampil sebagai juara Australia Open 2012.  Djokovic menundukkan Rafael Nadal 5-7, 6-4, 6-2, 6-7, dan 7-5.

Ketika kedua petenis bertarung dengan kekat di set pertama, tanda-tanda bakal serunya pertandingan sudah mulai tampak. Nadal memang berhasil memenangi set pertama tersebut, namun ia harus bersusah payah mematahkan perlawanan Djokovic hingga meraih skor 7-5.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Dua set berikutnya menjadi milik Djokovic. Dominasi petenis berusia 24 tahun itu membuat Nadal kesulitan dan akhirnya menyerah 4-6 dan 2-6. Djokovic pun tampak bakal memenangi final ini dengan mudah.

Selesaikah pertandingan? Justru baru di sini pertarungan sesungguhnya dimulai.

Pertandingan sempat diwarnai dengan hujan mengguyur Rod Laver Arena sehingga atap gelanggang pun harus ditutup. Laga pun ditunda beberapa menit dan puluhan ball boy bekerja untuk menyeka air yang jatuh ke lapangan. Sebelum dihentikan, Djokovic dan Nadal saling tancap gas berbagi angka sama kuat 4-4.

Ketika pertandingan dimulai lagi, Djokovic mendapatkan set point dengan mengungguli Nadal 5-4. Namun, Nadal tak mau membiarkan Djokovic melenggang begitu saja.

Konsistensi ditambah berbagai unforced error yang dilakukan Djokovic membuat arah angin pertandingan menguntungkan Nadal. Ia menyamakan skor menjadi 5-5. Dan ketika Djokovic unggul lagi 6-5, petenis asal Spanyol itu membuat kedudukan menjadi sama kuat lagi 6-6.

Nadal kemudian sempat selamat dari kekalahan. Ia memenangi tie break 7-5 dan memaksa Djokovic memainkan set kelima.

Pada set kelima, servis Djokovic patah dan Nadal sempat unggul cukup jauh 4-2. Tapi, Djokovic pun bertarung sama gigihnya. Skor pun dibuatnya menjadi sama kuat lagi 4-4.

Momen menarik pun terjadi. Kedua petenis melakukan reli sebanyak 31 pukulan. Terakhir bola Djokovic out, dan ia “terkapar” di lapangan.

Ketika skor menunjukkan angka 5-5, pertandingan sudah berjalan selama lima setengah jam. Setelah sempat terjadi deuce, Djokovic mendapatkan match point setelah pukulan Nadal mengenai net. Kesempatan datang untuk The Joker.

Pukulan forehand yang dilepaskannya kemudian membelah lapangan dan akhirnya skor berubah menjadi 7-5. Djokovic berteriak sambil terebah di lapangan dan mengepalkan tangan. Ia baru saja memenangi titel ketiganya di Australia Terbuka dan grand slam kelima dalam kariernya.

Lima jam dan 43 menit kedua petenis terbaik dunia itu bertarung menghibur publik Melbourne–dan juga dunia–, yang mana mencatatkan mereka sebagai kedua petenis dengan pertarungan final grand slam terlama sepanjang sejarah.

Ketika Nadal mengucapkan “Selamat pagi, semuanya,” dalam salamnya usai pertandingan, semua tahu bahwa mereka baru saja menyambut dinihari dari sebuah hari yang melelahkan–dan juga mendebarkan. detikcom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya