SOLOPOS.COM - Pemain Jerman merayakan gol Ilkay Guendogan (kanan) saat melawan Jepang 1-0 pada babak pertama laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, JAKARTA—Tim Panser Jerman tampil memenuhi ekspektasi dengan mengalahkan Jepang 1-0 pada babak pertama laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB.

Gol tunggal Jerman diciptakan oleh Iklay Guendogan pada menit ke-33.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Jerman sebenarnya menggandakan keunggulan menjelang laga babak pertama berakhir. Kai Havertz kali ini yang mencatatkan namanya di papan skor seusai menyambut bola umpan Serge Gnabry. Namun gol itu dianulir VAR yang menilai Havertz terlebih dulu offside sebelum menceploskan bola ke gawang Jepang.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022 Spanyol vs Kosta Rika 

Gol Guendogan diciptakan melalui tendangan penalti menyusul pelanggaran kiper  Jepang Shuichi Gonda.

Pada laga tersebut Jerman begitu dominan. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Tim Panser memiliki penguasaan bola hingga 80,8 persen, sedangkan Jepang hanya 19,2 persen.

Demikian juga mengenai tendangan ke gawang, Jerman melakukannya 14 kali sedangkan Samurai Biru, julukan Jepang, hanya 1 kali.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia Hari Ini: Ada Jerman vs Jepang, Spanyol vs Kosta Rika

Dominasi Jerman terlihat dari total passing yang mencapai 463 dengan akurasi 91,1 persen. Sedangkan Jepang hanya melakukan 106 passing dengan akurasi hanya 58,5 persen.

Peluang Jerman di antaranya hadir melalui Joshua Kimmich di menit ke-14. Namun tembakannya dari luar kotak penalti masih diblok. Sundulan Antonio Rüdiger juga masih melenceng dari sasaran pada menit ke-17.

Setelah memimpin 1-0 berkat gol Guendogan, Jerman terus melancarkan serangan. Tembakan Gnabry dan Jamal Musiala pada menit ke-38 masih bisa dimentahkan Jepang. Skor 1-0 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

 

Susunan pemain Jerman vs Jepang:

Jerman (4-2-31)

Manuel Neuer (C); Niklas Suele, Nico Schlotterbeck, Antonio Ruediger, David Raum; Joshua Kimmich, Ilkay Guendogan; Serge Gnabry, Thomas Mueller, Jamal Musiala; Kai Havertz

Jepang (4-2-3-1)

Shuichi Gonda; Hiroki Sakai, Maya Yoshida (C), Kou Itakura, Yuto Nagatomo; Wataru Endo, Ao Tanaka; Junya Ito, Daichi Kamada, Takefusa Kubo; Daizen Maeda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya