SOLOPOS.COM - Kapten Timnas Indonesia, Marc Klok bersalaman dengan kapten Libya sebelum laga uji coba di Mardan Sports Complex Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024). (pssi.org)

Solopos.com, ANTALYA — Perbedaan 26 peringkat Timnas Indonesia dengan Libya terlihat dalam laga uji coba di Antalya, Turki, Selasa (2/1/2023).

Saat ini Indonesia berada di peringkat 146 FIFA sedangkan Libya ada di posisi 120.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Hingga babak pertama usai, Tim Garuda tertinggal 0-1 dari Libya. Tak hanya kalah gol, permainan Indonesia juga kalah dari sang lawan.

Gol dari Libya dicetak oleh kapten Ahmed Ekrawa di menit ke-25 yang bermula dari kesalahan pemain belakang Timnas Indonesia dalam mengantisipasi lemparan ke dalam.

Marc Klok dkk. beberapa kali mencoba mengancam namun belum bisa membahayakan gawang lawan.

Serangan mereka kerap terhenti di kotak penalti Libya akibat kurang kreatifnya dua penyerang yang dipasang Shin Tae-yong, yakni Dendy Sulistyawan dan Dimas Drajad.

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, laga melawan Libya bertujuan untuk melihat kondisi pemain jelang Piala Asia 2023.

Selain itu, pertandingan ini juga bertujuan untuk melihat kemampuan Timnas Indonesia setelah melakoni pemusatan latihan.

Timnas Indonesia akan menghadapi Libya di Mardan Sports Complex, Turki, Selasa (2/1/2024) yang merupakan uji coba pertama Skuad Garuda dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) di Antalya, Turki, jelang Piala Asia 2023. Sebelumnya, Timnas Indonesia memulai persiapan di Turki sejak 21 Desember 2023.

Laga melawan Libya akan berlangsung sebanyak dua kali, yakni pada 2 dan 5 Januari 2024.

“Jadi (melalui uji coba ini) kami bisa bisa kontrol kondisi pemain. Fokus kami yang pertama memang di Piala Asia. Jadi segala sesuatunya akan difokuskan ke situ,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Terkait keputusan memilih Libya sebagai lawan tanding, Shin Tae-yong mengaku tidak ada alasan khusus. Dia hanya mencari tim yang tersedia untuk bisa diajak bertanding. Jika melihat ranking FIFA pada bulan Desember 2023, Libya menempati posisi 126. Sedangkan, Timnas Indonesia di peringkat 147.

“Jadi sebetulnya tidak ada alasan khusus memilih Libya, memang di tahun baru ini susah mencari lawan tanding, tapi Libya sebagai tim dari Afrika mau datang untuk melawan kita di Turki di tanggal 2 dan 5 Januari ini,” ucap Shin Tae-yong.

Selain dua kali melawan Libya, Timnas Indonesia masih punya satu agenda uji coba lagi melawan Iran. Laga itu akan digelar di Qatar pada 9 Januari.

Susunan pemain Timnas Indonesia:

Syahrul Trisna (kiper), Rizky Ridho, Wahyu Prasetyo, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan; Dimas Drajad, Rafael Struijk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya