SOLOPOS.COM - Simon Santoso (dok)

Simon Santoso (dok)

QINGDAO--Dua wakil tunggal putra Indonesia, Simon Santoso dan Dionysius Hayom Rumbaka berhasil menang di laga perdananya di Badminton Asia Championships 2012 di Qingdao, China, Selasa (17/4/2012).

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Hayom memastikan diri melangkah ke putaran kedua setelah mengandaskan dengan mudah perlawanan Artur Niyazov dengan skor 21-10, 21-8. Seperti dilansir tournamentsoftware.com, pebulu tangkis andalan Indonesia berusia 23 tahun itu hanya membutuhkan waktu 19 menit untuk mengunci kemenangan atas lawannya dari Kazakhstan tersebut.

Di putaran berikutnya, Rabu (18/4/2012), Hayom yang ditempatkan sebagai unggulan ke-13 bakal berhadapan dengan pemain Thailand, Suppanyu Avihingsanon yang sebelumnya mengalahkan rekan senegaranya Wada Shu 21-13, 21-14.

Simon menyusul Hayom ke babak kedua usai menundukkan pemain India, Sameer Verma dengan skor 21-19, 21-14. Di set pembuka Simon sempat dibuat kesulitan saat memimpin 10-3 atas pemain rangking 152 dunia tersebut. Sameer mampu mengejar ketertinggalannya dengan meraih tujuh poin berturut-turut, bahkan sempat menyamakan kedudukan menjadi 11-11.

Perebutan angka berlangsung kian sengit. Kedua kubu terlihat sangat berhati-hati dalam mengembalikan bola. Untungnya saat kedudukan 19-19, Simon lebih bisa mengontrol permainan dan mengamankan dua poin terakhir sekaligus merebut set pertama.

Pada set kedua, lagi-lagi Sameer memberikan bola-bola yang sulit dijangkau Simon. Ia pun memimpin jauh hingga 6-2. Namun Simon mengubah ritme permainannya menjadi lebih cepat. Usahanya pun berhasil, ia mampu menyamakan kedudukan menjadi 6-6. Selanjutnya permainan terus dikuasai Simon dan akhirnya menutup set kedua dengan kemenangan.

“Ini merupakan pertemuan pertama saya dengan Sameer, agak kaget juga dengan bola-bolanya dia makanya sempat tersusul saat leading jauh. Selain itu dia juga merupakan pemain yang ulet,” ulas Simon tentang permainannya, seperti dilansir situs resmi PB PBSI.

Di putaran berikutnya, Simon akan berhadapan dengan pemain nonunggulan asal China, Gao Huan yang sebelumnya mengandaskan pemain Hong Kong, Chan Yan Kit dengan skor 21-17, 21-9.

Sementara itu berdasarkan keterangan resmi yang diperoleh dari referee, Taufik Hidayat batal berlaga di turnamen berhadiah US$ 150,000 ini.

Mundurnya Taufik yang ditempatkan sebagai unggulan keenam jelas memberi keuntungan lawannya, Takuma Ueda asal Jepang. Takuma otomatis menang WO dan melaju ke babak kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya