SOLOPOS.COM - Sang juara dunia Francesco Bagnaia saat membalap di Sirkuit Sepang, Malaysia, dalam tes resmi MotoGP 2024 hari ketiga, Kamis (8/2/2024). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia meraih juara seri pembuka MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, Senin (11/3/2024) WIB. Bagnaia unggul 1,329 detik dari Brad Binder (Red Bull KTM) dan 1,933 detik dari runnerup MotoGP 2023 Jorge Martin (Prima Pramac).

“Kami tahu ada hal yang harus diperbaiki (dari latihan dan Sprint), dan hari ini adalah hari yang berbeda dengan kemarin. Kami mampu mengontrol motor lebih baik,” kata Bagnaia dalam wawancara singkat usai pertandingan.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Pembalap yang akrab disapa Pecco itu memulai balapan dari posisi kelima. Dia segera memacu kendaraannya untuk merebut posisi terdepan dari Martin yang merupakan polesitter sekaligus pesaing terberatnya musim lalu.

Sang juara bertahan juga mendahului Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Binder, dan rekan satu timnya, Enea Bastianini. Dia mempertahankan posisi terdepan sejak lap pertama.

Dia kemudian melaju nyaman setelah memastikan margin 1 detik dari para pembalap lain. Persaingan yang lebih seru berada di belakang juara dunia dua kali itu, yaitu Martin dan Binder.

Binder, dengan motor KTM RC16 terbaru yang dikendarainya, memberikan tekanan kepada Martin dengan agresif sejak awal balapan, sama seperti saat sesi balapan Sprint sehari sebelumnya.

“Saya sangat senang. Hari ini sudah diprediksi akan berlangsung sulit, dan saya merasa senang karena bisa mengontrol semua aspek dengan baik,” kata Binder.

“Saya berterima kasih kepada tim saya karena sudah memberikan motor dengan level seperti ini. Semoga kami bisa mempertahankan performa ini di balapan selanjutnya,” ujarnya menambahkan.

Tantangan Martin untuk mengamankan satu tempat di podium tak hanya datang dari Binder, namun juga dari duo Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex Marquez, yang masing-masing finis pada posisi keempat dan enam.

Juara Moto2 dan Moto3 Pedro Acosta (Red Bull Gasgas Tech3) juga mengintai tiga pembalap Spanyol itu pada pertengahan balapan.

Meski kesulitan saat memulai balapan, Acosta dengan percaya diri menembus pertahanan Marquez bersaudara dan sempat terpaut tipis dari Martin, sebelum mengakhiri balapan pada posisi sembilan.

Sementara itu, Bastianini yang sempat terpental jauh dari posisi awal, memanfaatkan peluang pada momen krusial dan finis dalam posisi kelima dengan margin 5,153 detik dari rekan satu timnya.

Melengkapi daftar 10 besar MotoGP Qatar 2024 adalah Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46) di P7, Espargaro di P8, dan Maverick Vinales (Aprilia Racing) di P10.

Setelah ini, seri kedua MotoGP 2024 akan bergulir di Sirkuit Internasional Algarve, Portugal, pada 21-23 Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya