SOLOPOS.COM - Winger Tottenham Hotspur, Gareth Bale, memenangi penghargaan Pemain Tahun Ini pilihan Asosiasi Penulis Sepak Bola. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Winger Tottenham Hotspur, Gareth Bale, memenangi penghargaan Pemain Tahun Ini pilihan Asosiasi Penulis Sepak Bola. JIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON – Penyerang Tottenham Hotspur, Gareth Bale, mengalahkan striker Manchester United, Robin van Persie, untuk memenangi penghargaan Pemain Sepak Bola Tahun ini [Footballer of the Year] versi asosiasi penulis/jurnalis sepak bola atau Football Writers Association [FWA].

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Bale, yang pekan lalu baru saja merebut penghargaan Player of The Year dan Young Player of the Year dari PFA, menempati urutan teratas dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh para jurnalis. Pemain 23 tahun itu unggul tipis atas Van Persie, yang memenangi penghargaan serupa tahun lalu, saat masih berkostum Arsenal.

Bale, musim ini tampil cukup impresif. Ia melesakkan 24 gol dalam seluruh kompetisi yang diikuti serta berjasa membawa timnya melaju ke perempat final Liga Europa. Bale juga turut berjasa membawa Spurs, julukan Tottenham, menjaga peluangnya kembali ke kancah Liga Champions musim depan, dengan menempati urutan empat besar dalam klasemen Liga Premier di akhir musim nanti. Saat ini Spurs berada di urutan kelima dengan torehan 62 poin, atau tertinggal dua angka dari Arsenal di posisi empat, namun memiliki sisa laga lebih banyak.

Gelandang asal Wales ini akan menerima penghargaan bergengsi dari  FWA, yang sudah berjalan sejak 1949, pada mala gala di Lanchaster London Hotel, 9 Mei mendatang.

Selain Bale dan Van Persie, dalam jajak pendapat itu juga dicantumkan nama Juan Mata. Namun, gelandang serang asal Chelsea ini hanya menempati urutan keempat.

Sementara, Bale unggul dengan jumlah pemilih sebanyak 53 persen dan disusul Van Persie, yang terpilih oleh 43 persen suara.
Penghargaan ini akan menjadikan Bale pemain Spurs pertama yang memenangi penghargaan dari FWA sejak David Ginola pada 1999. Selain itu, penghargaan ini juga menjadikan Bale sebagai pemain Wales pertama yang memenangi penghargaan tertua sejak pemain Everton,  Neville Southall, memenanginya pada 1985.

“Ini merupakan kehormatan besar menerima penghargaan Pemain Tahun Ini dari asosiasi penulis sepak bola,” ujar Bale. “Ini berarti sangat banyak memenangi penghargaan ini saat Anda mempertimbangkan jumlah pemain yang lebih berumur di klub mereka dalam Liga Premier musim ini.”

“Saya sangat beruntung bermain di tim yang fantastis dan saya banyak berhutang pada rekan-rekanku dan, yang jelas, manajer yang telah menunjukkan kepercayaan padaku.”

“Penghargaan ini telah dimenangkan di masa lalu oleh beberapa pemain terhebat dalam sepak bola dan saya menganggap ini suatu kehormatan bahwa FWA memilih saya untuk disejajarkan dengan mereka.”

Sementara itu, Ketua FWA, Andy Dunn, yang juga merupakan kepala editor olahraga untuk Sunday Mirror, mengatakan,”Dalam kontes untuk penilaian membawa begitu banyak liku-liku, akhirnya kecenderungan Gareth yang spektakuler telah ditangkap imajinasi. Dia adalah pemain tak terelakan naik ke tingkat langka di dunia, seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya